-->

(Pdf) Contoh Proposal Bisnis Tanaman Hias: Download

buku.seputarproposal.com - Pada artikel kali ini kita akan membicarakan tentang contoh proposal bisnis tanaman hias. Proposal bisnis adalah proposal yang berisi tentang perencanaan bisnis dari mulai profil bisnis, produk, strategi, keuntungan, dan sistem. Salah satu bisnis yang sesuai dengan hobi adalah bisnis tanaman hias.

Contoh Proposal Bisnis Tanaman Hias



Berikut ini contoh proposal bisnis tanaman hias.


Kata Pengantar


Segala puji hanya milik Allah SWT. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah SAW. Berkat limpahan dan rahmat-Nya penyusun mampu menyelesaikan tugas PROPOSAL USAHA BUDIDAYA TANAMAN HIAS AGLAONEMA (SRI REJEKI) ini guna memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan.

Dalam penyusunan tugas ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penyusun menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang tua, dan berbagai pihak sehingga kendala-kendala yang dihadapi dapat teratasi.

Penyusun menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, baik isi maupun penulisannya. Untuk itu kritik dan saran yang membangun saya diharapkan demi kesempurnaan pada penulisan selanjutnya. Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya juga bagi pembaca pada umumnya.

Deskripsi Produk


Aglaonema, sri rezeki, atau chinese evergreen merupakan tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis, tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (Berkayu). Daun Menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak.

Kini berbagai macam Aglaonema hibrida telah dikembangkan dengan penampilan tanaman yang sangat menarik dengan bermacam-macam warna, bentuk, dan ukuran daun sehingga jauh berbeda dari spesies alami. Orang Indonesia menamakan tanaman ini dengan nama Sri Rejeki karena tanaman ini setelah di tanam dan hidup dan mengluarkan tunas baru maka orang yang menanam terserbut akan mendapat rejeki yang banyak ini mitos orang indonesia. Yang jelas kalau kita berkerja maka akan mendapat rejeki dan sebaliknya.

Ini yang menakutkan teryata tanaman hias sri rejeki beracun yang lumayan mematikan, karena getahnya mengandung kristal oksalat yang bentuknya seperti jarum tapi harus mengunakan mikroskop untuk bisa melihatnya. Maka tanaman hias ini sangat berbahaya apa lagi kalau sampai kena mulut, lidah, tengorokan bisa bengkak apa lagi yang terkena daerah tengorokan yang luka bisa sesak napas dan berakhir dengan kematian bila pertolongan telat. Tanaman sri rejeki atau aglaonema sangat berbaya untuk anak kecil apa bila sampai tertelan, biasanya anak-anak kecil yang baru bisa berjalan yang dimana yang namanya anak-anak tidak tahu apa- apa dan suka mencoba hal-hal baru dan pengawasan ibu yang kurang, sebaiknya bila mempunyai anak-anak untuk tanaman jenis ini bisa di letakan agak jauh dari tempat bermain anak-anak atau bisa diletakan yang dimana anak-anak tidak bisa menjangkau. 

Tanaman ini juga bahaya buat orang dewasa bukan hanya anak kecil saja maksutnya untuk orang dewasa tingkat kekebalan kesehatan tubuh sudah kuat tapi tidak menutup kemungkinan bisa berujung kematian bila tidak di tindak lanjuti secara cepat dan tepat. Sifat dari tanaman aglaonema beragam, ada yang dapat terkena sinar matahari dan ada juga yang harus ternaungi, sebagian aglaonema dapat hidup ditempat lembab dan sebagian lagi ditempat sedikit kering, tanaman aglaonema tergolong bandel, mudah dirawat dan cocok dijadikan tanaman indoor, apalagi aglaonema terkenal dengan motif daunnya yang indah.

Pemeliharaan Produk


Syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan pertumbuhan aglaonema yang optimal adalah lokasi, cahaya, kelembaban dan suhu. Lokasi yang ideal untuk merawat sri rejeki adalah daerah yang berketinggian 300-400 m diatas permukaan laut, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat tumbuh baik di dataran rendah, sesuai habitatnya aglaonema menyukai lokasi yang teduh dengan pencahayaan terbatas, intensitas sinar matahari berkisar antara 10-30%.

Kelembapan yang cocok untuk merawat aglaonema adalah 50-70%, di kisaran itu tanaman tumbuh baik, lebih dari 75% dapat menyebabkan tumbuhnya cendawan pada media tanam, selain itu juga sisa suhu menunjang pertumbuhan, lokasi sebaiknya bersuhu 28-30 C pada siang hari dan 20-22 C malam hari dan dibantu juga dengan sirkulasi udara yang baik.

Untuk memiliki tanaman aglaonema yang tumbuh sehat dan baik diantaranya adalah dengan menggunakan media dengan komposisi yang pas, media dengan tingkat keasaman/pH dan porotisitas (Porous) yang ideal sangat baik untuk pertumbuahn aglaonema, media tanam aglaonema juga harus steril, yaitu bebas dari penyakit, tidak mudah lapuk dan hancur karen air, mudah diperoleh dan harganya terjangkau, aglaonema dapat tumbuh dengan baik pada media denagn pH 7 atau disebut juga pH netral yang kaya akan zat hara, angka pH dengan selisih 0,5-1 masih dianggap pH ideal.

Porous artinya mudah mengeluarkan kelebihan air, tingkat porotisitas yang dibutuhkan pada media tanam sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, yaitu ketinggian dan hujan rendah, media tanam sebaiknya harus bisa menahan air sehingga media tidak kekeringan, sebaliknya didataran tinggi yang umumny sering hujan sebaiknya menggunakan media dengan porositas tinggi agar kelebihan air mudah dikeluarkan.

Deskripsi Bisnis


Jenis usaha yang akan kami lakukan bergerak dibidang budidaya. Dalam hal ini yang kami budidayakan adalah tanaman sri rejeki, yang kami lakukan dengan beberapa cara misalnya stek. Kami memilih membudidayakan tanaman karena lebih mudah dan manfaat yang di hasilkannya pun besar. Serta di kalangan pelajar seperti kami, masih terbilang cukup murah dan tidak membutuhkan biaya besar dalam proses budidaya awalnya.

Segmen Pasar


Tanaman hias segmen pasarnya sangat luas, karena hampir semua rumah memerlukan keindahan yang bisa didapat dari tanaman hias. Sedangkan jenis tanaman hias sri rejeki cenderung banyak diminati masyarakat karena keindahannya disamping juga manfaatnya. 

Analisis Bisnis


Biaya merupakan sejumlah pengorbanan yang harus dikeluarkan untuk memperoleh tanaman sri rejeki siap tanam. Biaya yang diperlukan oleh usaha ini yaitu biaya investasi, biaya tetap, dan biaya tidak tetap.

Penutup


Tingkatan usaha yang dibahas dalam proposal merupakan usaha kecil dan menengah yang bergerak dalam bidang penjualan tanaman hias Sri Rejeki. Meskipun usaha ini termasuk usaha kecil dan menengah namun usaha ini telah membuka lapangan kerja di daerah sekitar pemasaran baik itu karyawan tetap maupun pekerja kontrak. Usaha ini ingin mengembangkan usahanya mulai dari peragaman jenis tanaman, peningkatan mutu barang, peningkatan pelayanan, peningkatan cabang toko atau perluasan pasar dan peningkatan promosi.

Oleh sebab itu usaha ini membutuhkan modal usaha yang nantinya akan digunakan sebagai pendukung dalam pengembangan usaha. Dengan modal tersebut diharapkan usaha ini akan memanfaatkan dengan seoptimal mungkin dalam pengembangan dan peningkatan usaha. Dengan peningkatan produktivitas usaha diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak serta dapat bersaing dengan para pesaing.

Download contoh proposal bisnis tanaman hias. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Bisnis Tanaman Hias: Download "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel