-->

(Pdf) Contoh Proposal Usaha Toko Sembako Singkat

Proposal Usaha Dagang Sembako – Pada artikel kali ini akan dibahas tentang contoh proposal usaha dagang sembako. Proposal usaha dagang sembako merupakan proposal yang disusun untuk menjelaskan sebuah kegiatan usaha dagang seseorang dalam bentuk toko yang menjual sembako.

Kegiatan usaha ini biasanya dilakukan oleh suatu perusahaan atau lembaga. Dibutuhkan pembuatan proposal untuk menjelaskan kepada orang lain perihal usahanya tersebut. Di sini akan dicontohkan proposalnya dengan uraian yang singkat.


Berikut ini contoh proposal usaha dagang sembako.


Proposal Usaha Dagang Sembako



PROPOSAL
TOKO SEMBAKO JOYO SAKTI








LOGO








Jl. Merpati No. 73 Kel. Rajawali
Kec. Gangsa Kab. Cendrawasih
2020



A. Latar Belakang


Perputaran ekonomi di daerah jalan Merpati dapat dikategorikan sudah maju. Warga di jalan merpati sudah banyak. Warung-warung untuk membeli kebutuhan sehari-hari sudah ada.

Sebagai owner Isnen Project, saya berinisiatif untuk bersaing demi memajukan perputaran ekonomi di jalan Merpati tersebut. Isnen Project berinisiatif untuk membuat usaha sembako di jalan Merpati. Usaha sembako tersebut akan berbentuk warung besar setara grosir. Warung tersebut nantinya akan diberi nama “Toko Sembako Joyo Sakti”.

B. Survei Pasar


Terdapat enam warung di jalan Merpati. Kesemuannya warung yang cukup besar. Tetapi setelah dilakukan survei di lapangan, ke-enam warung tersebut tidak memberikan pelayanan yang maksimal. Misalnya sebagai berikut:

1. Tidak tersedianya barang-barang secara lengkap.
2. Jam buka-tutup yang tidak menentu.
3. Harga melonjak diakibatkan pembelanjaan di tempat yang dekat.
4. Perputaran modal dan laba tidak dimaksimalkan sehingga mengganggu stabilitas ketersediaan barang.

Berdasarkan survei lapangan tersebut, kami dari Isnen Project melalui “Toko Sembako Joyo Sakti” akan memperbaiki kekurangan-kekurangan pada poin-poin yang telah disebutkan di atas.

C. Rencana Anggaran


Setelah melakukan perhitungan awal, kami dari Isnen Project melalui “Toko Sembako Joyo Sakti” memperhitungkan anggaran yang diperlukan untuk pembangunan dan modal pertama, yaitu sebagai berikut.

Terlampir di Download

Insyaallah biaya yang diperlukan untuk pembangunan dan modal pertama telah disiapkan.

D. Deskripsi Bisnis


“Toko Sembako Joyo Sakti” akan dibentuk toko yang besar. Gambarannya toko tersebut akan dibuat dua lokal pada satu bangunan. Lokal pertama untuk toko grosir besar. Lokal kedua untuk toko jajanan dengan desain setara minimarket.

Hal ini dibuat bukan tanpa tujuan. Tujuan utama dibuat dua lokal adalah untuk memberikan kenyamanan yang maksimal. Selain itu, dengan dibuatnya desain toko minimarket akan memudahkan anak-anak dan siapa saja yang ingin jajan dalam memilih jajanannya.

E. Analisis SWOT (lihat tentang Analisis SWOT)

Analisi SWOT merupakan analisa untuk membuat usaha. Berikut ini analisanya.

1. Strength

Mengutamakan pelayanan

2. Weakness

Modal pertama yang cukup besar membuat Isnen Project harus benar-benar teliti dalam memperhitungkan bisnis toko ini

3. Opportunity

Menjadi salah satu toko yang unggul
Menyediakan bahan-bahan lengkap
Memberikan harga yang wajar

4. Threat

Dikhawatirkan tidak mendapat dukungan yang maksimal terutama dari para kompetitor

F. Penutup


Isnen Project dalam salah satu programnya adalah mensejahterakan ekonomi kerakyatan. Dalam hal ini, Isnen Project berusaha untuk menyeimbangkan perputaran ekonomi di wilayah jalan Merpati. Isnen Project akan membuat “Toko Sembako Joyo Sakti”. Semoga niat ini menjadi niat baik dan bisa dilaksanakan dengan lancar. Sekian penutup proposal usaha dagang sembako ini.

Daftar Isi

Lebih lengkap tentang Contoh Proposal Usaha

Baca juga



Download Contoh Proposal Usaha Dagang Sembako

Contoh di atas merupakan contoh proposal usaha dagang sembako. Bagi siapa saja yang membutuhkan file downloadnya sudah disediakan pada artikel ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Usaha Toko Sembako Singkat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel