-->

(PDF) Contoh Proposal Pengajuan Dana Pembangunan Masjid: Download Mudah

Pada kesempatan kali ini kita akan membaca dan mempelajari contoh proposal pengajuan dana pembangunan masjid. Proposal ini termasuk proposal bantuan dana atau pengajuan dana yang berkaitan dengan proposal kegiatan.

Proposal Permohonan Dana Pembangunan Masjid



Baca juga:


Berikut ini contoh proposal pengajuan dana pembangunan masjid.

Download di sini

Membuat Cover Proposal

Pada proposal pengajuan dana pembangunan masjid harus ada cover proposal yang berisi 4 hal.

1. Logo pembangunan masjid
2. Judul Proposal
3. Garis-garis
4. Alamat

Membuat halaman surat permohonan bantuan dana

Halaman pertama setelah cover proposal, kita akan menemukan halaman surat permohonan. Surat permohonan ini berisi permohonan bantuan dana untuk pembangunan masjid yang ditandatangani secara langsung oleh kepanitiaan dan didasari dengan pengetahuan penanggung jawab masjid.

Membuat halaman pengantar

Masuk kepada isi proposal, halaman atau tab yang dibuat pertama adalah kata pengantar. Kata pengantar berisi uraian singkat yang sebagai pembuka yang akan mengantarkan pembaca kepada maksud besar dibuatnya proposal ini. Halaman pengantar dibuat dengan susunan beberapa paragraf yang singkat dan jelas.

Membuat Pendahuluan

Selanjutnya kita membuat pendahuluan. Poin pendahuluan adalah poin yang berisi uraian latar belakang, fakta-fakta, dan tujuan-tujuan yang akan mengarah kepada tema besar diperlukannya pembangunan masjid. Poin pendahuluan juga dibuat dalam bentuk paragraf yang jelas.

Menjelaskan Kegiatan 

Selanjutnya kita akan menjelaskan kegiatan yang akan kita lakukan dalam rangka membangun masjid. Di sini kita hanya menegaskan bahwa kita akan membangun masjid di suatu wilayah. Kegiatan ini menjelaskan kepada khalayak untuk membedakan apakah kita akan membangun atau merenovasi.

Membuat poin tujuan

Selanjutnya kita membuat poin tujuan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan pembangunan masjid ini dibuat secara pointer dengan menggunakan kata kerja di awalnya. Tujuan biasanya lebih dari dua untuk dituliskannya.

Membuat Poin Manfaat

Poin manfaat merupakan poin yang berisi uraian tentang manfaat dari kegiatan pembangunan masjid ini. Manfaat ini nantinya dibagi ke dalam dua sektor: manfaat internal dan manfaat eksternal. Poin manfaat dibuat dengan bentuk uraian singkat.

Menjelaskan Poin Pelaksanaan dan Lokasi

Pada proposal pengajuan dana kegiatan pembangunan masjid kita perlu menjelaskan pelaksanaan pembangunan dan lokasi pembangunan. Misalnya pelaksanaan yang dilakukan adalah pembangunan masjid secara total yang dibagi dalam tiga tahap. Tahapannya pun perlu diuraikan. Kemudian kita juga perlu menjelaskan lokasi pembangunan. Misalnya lokasi pembangunan masjid ini di RT berapa disesuaikan dengan alamat setempat.

Membuat Pembiayaan atau RAB

Pembiayaan pembangunan masjid dijelaskan pada poin ini. Poin ini akrab disapa dengan poin RAB. RAB adalah singkatan dari Rancangan Anggaran Biaya. Semua kebutuhan yanh disesuaikan dengan pelaksanaan pembangunan yang dibagi dalam tiga tahap harus dituliskan kebutuhan dan pembiayaannya di sini.

Penutup

Pada poin penutup, kita mengisinya dengan ungkapan-ungkapan terimakasih, permohonan maaf, dan doa.

Sekian saja pembuatan contoh proposal pengajuan dana pembangunan masjid ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "(PDF) Contoh Proposal Pengajuan Dana Pembangunan Masjid: Download Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel