-->

Contoh Proposal Pengajuan Dana UMKM: Download File Gratis

buku.seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas contoh proposal pengajuan dana umkm. UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. Seseorang yang memiliki usaha yang termasuk UMKM ini bisa mengajukan dana kepada pihak-pihak tertentu.

Proposal Pengajuan Dana UMKM



Berikut ini contoh proposal pengajuan dana umkm.


Membuat Cover Proposal


Hal pertama yang akan kita lihat dalam proposal adalah cover. Cover merupakan halaman muka proposal. Di dalamnya berisi judul proposal, logo, dan alamat.

A. Latar Belakang


Selanjutnya adalah bagian latar belakang. Dalam proposal pengajuan dana UMKM, kita perlu membuat bagian latar belakang. Bagian ini diisi dengan fakta-fakta yang terjadi dibandingkan dengan rencana-rencana yang diinginkan. Selanjutnya kita akan membuat kesimpulan tentang penyelesaian masalah apabila memang ditemukan ketidaksesuaian antara fakta dan keinginan.

B. Tujuan


Di sini kita membuat tujuan proposal pengajuan dana UMKM. Poin tujuan dibuat pointer seminimal-minimalnya 2 poin. Dengan mencantumkan tujuan, kita dan juga para pembaca proposal bisa mengetahui tujuan dari pengajuan dana UMKM ini.

C. Kendala


Bagian selanjutnya adalah poin yang membahas tentang kendala. Poin itu akan memperjelas apa yang kita utarakan di latar belakang. Poin kendala diisi dengan uraian dan disimpulkan dengan pointer. Sama seperti poin tujuan, poin kendala duga diisi dengan sekurang-kurangnya dua poin.

D. RAB


Selanjutnya adalah RAB. RAB adalah singkatan dari rencana anggaran biaya. Di sini kita akan menjelaskan tentang pembiayaan yang kita butuhkan untuk UMKM. Dengan begitu, proposal yang akan kita ajukan dapat disebut lengkap. Karena pada dasarnya proposal pengajuan dana ini akan menitikberatkan pada RAB.

E. Penutup


Selanjutnya poin penutup. Pada penutup kita akan menuliskan ucapan-ucapan yang bersifat formal. Seperti ucapan terimakasih dan harapan.

Sekian saja pembahasan tentang contoh proposal pengajuan dana UMKM. Semoga bermanfaat.

Download contoh proposal pengajuan dana UMKM

Baca juga:

0 Response to "Contoh Proposal Pengajuan Dana UMKM: Download File Gratis "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel