-->

Proposal Kegiatan Donor Darah: Tata Cara Singkat dan Jelas

Buku.seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang proposal kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah biasanya dilakukan oleh suatu kelembagaan baik itu sekolah maupun organisasi dan bekerjasama dengan pihak PMI. PMI itu sendiri merupakan singkatan dari Palang Merah Indonesia. PMI ini mengurusi perihal donor darah.

Proposal Kegiatan Donor Darah



Baca juga:

Berikut ini contoh proposal kegiatan donor darah.


Membuat Cover


Cover proposal sering juga disebut dengan halaman muka proposal. Dalam pembuatan cover proposal, kita perlu mencantumkan nama kegiatan, logo kegiatan, dan alamat kantor atau kesekretariatan. Dalam hal ini, misalnya kita akan membuat cover untuk proposal kegiatan donor darah, maka kita perlu mencantumkan nama kegiatannya, logo kegiatannya, dan alamat kepanitiaan atau kesekretariatan yang menjadi pelaksananya.

Membuat Pendahuluan


Di dalam membuat proposal kegiatan, halaman yang ada setelah cover adalah poin pendahuluan. Apa saja yang mengisi poin pendahuluan, berikut ini pembahasannya.

1. Memuat uraian latar belakang

Di dalam pendahuluan, kita harus membuat sebuah uraian tentang hal-hal yang melatarbelakangi kegiatan yang akan kita laksanakan. Dalam hal ini kita membicarakan tentang proposal kegiatan donor darah. Maka kita harus mencoba membuat uraian tentang hal-hal yang menjadi latar belakang kegiatan donor darah ini dilakukan.

2. Memuat uraian tujuan

Di sini kita membuat beberapa poin tentang tujuan kegiatan. Buatlah tujuan kegiatan ini dalam bentuk uraian agar menyesuaikan dengan latar belakang. Pembuatan tujuan biasanya dimulai dengan kata kerja aktif. Misalnya: membuat fasilitas tolong-menolong sesama manusia.

Membuat Nama Kegiatan


Selanjutnya kita membuat poin nama kegiatan. Poin nama kegiatan berisi nama dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Contoh nama kegiatan proposal donor darah adalah Donor Darah Untuk Kemanusiaan.

Membuat Tema Kegiatan


Tema kegiatan merupakan judul utama yang akan menjadi warna kegiatan ini. Tema kegiatan dibuat sederhana namun bersifat himbauan atau ajakan. Misalnya: Melalui kegiatan donor darah, kita tingkatkan kepekaan sosial kemasyarakatan.

Membuat Susunan Acara


Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan tunggal. Oleh karena itu kita akan membuat susunan acara yang pada puncaknya kita akan bertemu dengan kegiatan donor darah. Contoh susunan acara kegiatan donor darah:

1. Pembukaan
2. Hiburan
3. Sambutan
4. Donor Darah
5. Penutup

Mencantumkan Kepanitiaan


Di sini kita akan mencantumkan susunan kepanitiaan. Kepanitiaan merupakan kelompok orang yang bersama-sama melakukan tugas masing-masing dalam melaksanakan kegiatan donor darah ini. Oleh karena itu, kepanitiaan harus dicantumkan di dalam proposal kegiatan agar pihak lain dalam kegiatan ini bisa mengetahui hal-hal tentang kegiatan donor darah yang berkelanjutan.

Membuat RAB


Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk sebuah kegiatan biasanya didasarkan pada kebutuhan panitia. Biasanya dalam rapat kepanitiaan akan ada pembahasan khusus tentang kebutuhan-kebutuhan panitia untuk terlaksananya kegiatan ini. Jika penyusunan RAB selesai, maka bisa dicantumkan pada poin ini.

Membuat Penutup


Dalam proposal kegiatan, biasanya penutup proposal berisikan tentang harapan-harapan untuk terlaksananya kegiatan dalam keadaan lancar dan sukses.

Sekian saja pembahasan tentang contoh proposal kegiatan donor darah ini. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Proposal Kegiatan Donor Darah: Tata Cara Singkat dan Jelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel