-->

Mengenal Organisasi: Organisasi Sekolah

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang organisasi sekolah. Pembahasan organisasi ini bergerak ke arah wilayah atau cakupan sebuah organisasi. Di sekolah misalnya, untuk garis besarnya ada OSIS, Pramuka, dan Paskibra.

Daftar isi

Lebih lengkap tentang Organisasi

Berdasarkan keumumannya, organisasi sekolah dikategorikan menjadi dua jenis organisasi. Pertama, organisasi intra sekolah. Kedua, organisasi ekstra sekolah. Bentukkan dari organisasi intra sekolah hanya OSIS saja. OSIS itu sendiri merupakan singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah.
Sementara itu, organisasi ekstra sekolah banyak sekali wujudnya. Hanya untuk diketahui, organisasi ekstra sekolah merupakan organisasi yang berasal dari luar sekolah yang biasanya melatih soft skill para siswa.

Baca juga


Organisasi Sekolah


Organisasi Intra


Organisasi intra ini hanya berwujud pada satu organisasi di sekolah, yaitu OSIS. Mungkin di antara teman-teman sudah tidak asing dengan OSIS tersebut. Tetapi sebenarnya ada organisasi lain, yaitu MPK (Majelis Permusyawaratan Kelas).

Secara administrasi, MPK ini terpisah dari OSIS. Tetapi dalam praktiknya OSIS dan MPK sering berjalan bersama bahkan seolah hanya OSIS lah organisasi intra satu-satunya. Seperti misalnya pada kegiata-kegiatan di sekolah, kebanyakan diadakan oleh OSIS.

OSIS ini merupakan organisasi yang bertugas mengelola kegiatan siswa. OSIS juga bertugas menampung aspirasi siswa. Dengan kata lain, OSIS merupakan organisasi eksekutif di kalangan siswa.

Baca juga Cara membuat proposal kegiatan

Organisasi Ekstra


Telah disinggung sebelumnya bahwa organisasi ekstra merupakan organisasi yang bersumber dari luar sekolah, memiliki koneksi dengan luar sekolah, dan bersifat mengembangkan softskill. Maka dari itu, organisasi ekstra di suatu sekolah akan berjumlah banyak.

Beberapa organisasi ekstra yang sangat ramai atau bahkan seolah bersifat wajib ada di sekolah ialah Pramuka, Paskibra, dan PMR. Nah, ketiga organisasi ekstra tersebut merupakan sebagian dari contoh organisasi ekstra yang ada di sekolah.

Organisasi Pramuka merupakan organisasi ekstrakurikuler di sekolah. Pramuka itu sendiri memiliki koneksi di luar, bahkan ada lembaga yang menaungi organisasi Pramuka ini di luar sekolah. Organisasi Pramuka ini melatih softskill kedewasaan, keterampilan, dan berbuat baik pada sesama dan alam.

Organisasi Paskibra merupakan organisasi ekstrakulikuler juga. Paskibra juga memiliki koneksi di luar sekolah. Seperti misalnya ada perkumpulan pasukan pengibar bendera tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten. Paskibra ini melatih softskill baris-berbaris dan upacara pengibaran bendera.

Organisasi PMR yang merupakan singkatan dari Palang Merah Remaja juga merupakan organisasi ekstra. PMR memiliki koneksi di luar sekolah, terutama yang paling besar adalah PMI (Palang Merah Indonesia). PMR ini melatih softskill di bidang kesehatan.
Masih banyak lagi organisasi ekstra di sekolah. Memang harus banyak agar siswa dapat melatih skill mereka di berbagai bidang. Misalnya saja ada organisasi ekstra di bidang bahasa, bidang bela diri, dan bidang olah raga.

Sekian pembahasan tentang organisasi di sekolah. Tujuan dibuatnya artikel ini agar kita memahami tentang keorganisasian siswa di sekolah. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Organisasi: Organisasi Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel