-->

Mengenal Organisasi: Organisasi Kampus

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang organisasi kampus. Pembahasan ini berkaitan dengan organisasi yang ada di kampus dari segi asal-usul organisasinya dan orientasi keorganisasiannya.

Daftar isi

Di kampus terdapat banyak sekali organisasi. Jika dikategorikan dari segi sumbernya, organisasi kampus terbagi kepada dua kategori: intra kampus dan ekstra kampus. Ditinjau dari segi orientasi keorganisasiannya, organisasi kampus terbagi juga kepada dua kategori: pelatihan leadership dan pelatihan skill.

Meskipun begitu, untuk memahami organisasi kampus tidak bisa hanya sebatas membaca atau mendengar dari luar. Akan lebih baik jika kita masuk ke dalam dan melihat secara langsung sistem keorganisasian di suatu kampus. Karena dengan melihat langsung, kita akan lebih memahami tentang keorganisasian kampus tersebut.
Mengenal Organisasi Kampus


Intra kampus


Organisasi intra di wilayah kampus ada beberapa kategori. Ada yang bertugas mengelola kegiatan kemahasiswaan seperti BEM dan ada yang bertugas melatih softskill mahasiswa seperti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

BEM

BEM yang merupakan singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa bertugas untuk mengelola dan mengurus kegiatan mahasiswa secara general. BEM ini ada di setiap perguruan tinggi tetapi kadang ada yang menggunakan sebutan yang berbeda seperti misalnya Presma.

BEM ini juga bertingkat sesuai dengan cakupan kewenangannya. Ada BEM tingkat universitas, BEM tingkat fakultas, dan BEM tingkat prodi. Sebagian kampus, ada yang mengistilahkannya dengan Hima (Himpunan Mahasiswa).

UKM

UKM ini bertugas untuk melatih softskill mahasiswa. UKM termasuk kategori intra di wilayah kampus. UKM ini banyak jenisnya, ada yang melatih kebahasaan, ada yang melatih keagamaan, ada yang melatih keterampilan diri, dan masih banyak lagi.

Adanya organisasi intra kampus sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa. Karena pengalaman organisasi di kampus jika dibandingkan dengan pengalaman organisasi di sekolah memiliki berbagai peningkatan. Dan itu sangat bagus untuk diikuti sebagai tambahan pengalaman keorganisasian.

Ekstra kampus


Organisasi ekstra kampus merupakan organisasi dari luar kampus yang masuk ke dalam kampus. Organisasi ekstra ini diakui secara normatif tapi tidak diakui secara formal. Karena tidak ada satu pun peraturan organisasi kampus yang membahas tentang organisasi ekstra ini.

Organisasi ekstra kampus sangat umum macamnya. Beberapa yang sangat dominan akan kita sebutkan. Di antara organisasi ekstra kampus adalah organisasi pergerakan kemahasiswaan seperti HMI dan PMII, organisasi kedaerahan seperti Kapemasi dan Permata Intan, dan organisasi keagamaan seperti KMNU dan Hima Persis.

Baca juga Contoh Proposal Kegiatan Kampus

Lebih lengkap tentang Organisasi

Organisasi ekstra ini tidak kalah tenar dengan organisasi intra. Jika dihitung populasi, kedua organisasi ini (intra dan ekstra) di wilayah kampus dapat dikatakan seimbang. Kedua macam organisasi ini sangat diminati mahasiswa. Hal ini ditandai dengan keaktifan mahasiswa mengikuti organisasi-organisasi ini.

Sekian pembahasan tentang organisasi kampus. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Organisasi: Organisasi Kampus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel