-->

Mengenal Organisasi: Organisasi Kemasyarakatan

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang organisasi kemasyarakatan. Pouler sekali bagi kita semua untuk menyebut organisasi ini dengan sebutan ormas. Organisasi kemasyarakat untuk difahami secara menyeluruh dinilai lumayan rumit.

Daftar isi

Mengenal Organisasi Kemasyarakatan


Jadi, pada artikel kali ini akan kita gambarkan saja keumumannya. Organisasi kemasyarakatan memiliki beragam tingkatan. Ada yang bersifat tingkat nasiona dan ada yang bersifat tingkat lokal. Ada yang bersifat legal dan ada yang bersifat tidak legal.

Organisasi kemasyarakatan nasional dan lokal


Tentunya dari kita semua banyak mengenal organisasi kemasyarakatan yang bersifat nasional. Siapa yang tidak kenal NU, Muhammadiyah, dan Persis. Siapa yang tidak kenal FPI. Siapa yang tidak kenal organisasi Pemuda Pancasila. Dari kesemua itu merupakan organisasi kemasyarakatan yang bersifat nasional.

Begitu pula organisasi kemasyarakatan yang bersifat lokal. Meskipun kami sedikit ragu bahwa kita semua banyak mengetahui tentang organisasi kemasyarakatan lokal ini. Karena sifat lokalnya itu, bisa jadi organisasi ini hanya terkenal di satu wilayah saja. Yang sedang ramai diperbincangkan sekarang adalah persatuan masyarakat Tanjung Priok.

Di setiap wilayah pasti memiliki organisasi kemasyarakatan lokal. Misalnya persatuan petani. Setiap wilayah akan memiliki organisasi kemasyarakatan persatuan petani. Tetapi sifatnya tetap lokal, karena dari setiap wilayah tidak mendeklarasikan organisasinya bersatu dengan wilayah lainnya. Yang juga sering kita dengar adalah persatuan pekerja.

Organisasi kemasyarakatan legal dan tidak legal


Contoh dari organisasi kemasyarakatan legal seperti yang telah disebutkan di atas misalnya NU dan Muhammadiyah. Kita perlu tahu bahwa organisasi kemasyarakatan legal itu artinya pemerintah mengakui organisasi kemasyakarakatan tersebut dan organisasi itu pun mendaftarkan diri ke pemerintah, misalnya lewat dinas sosial.

Jangan salah faham mengenai istilah organisasi kemasyarakatan tidak legal. Maksud dari organisasi tidal legal ini ya tidak terdaftar di dinas sosial atau instansi keperintahan lainnya. Jadi tidak legal bukan berarti sebuah kejahatan. Karena jika diamati banyak sekali kumpulan orang yang membentuk organisasi yang tidak mendaftarkan organisasi mereka ke kepemerintahan.

Sempat terjadi polemik di Indonesia tentang pencabutan izin organisasi HTI (Hizbut Tahrir Indonesia). Hemat kami dalam memahami hal tersebut adalah bahwa ketika HTI tidak lagi memiliki izin pemerintah, bukan berarti aktifitas HTI bisa terhenti begitu saja. Hanya saja fasilitas yang diterima HTI dari pemerintah menjadi hilang, salah satunya izin dari pemerintah.

Karang Taruna?


Karang taruna ini juga merupakan organisasi. Karang taruna tidak disebut ormas secara istilah. Tetapi dalam pengertian kebahasaan, karang taruna dapat dikategorikan organisasi kemasyarakatan yang beranggotakan para pemuda.

Karang taruna ini legal dan ada di setiap desa. Sesuai dengan tugasnya, karang taruna memang hadir sampai ke wilayah paling bawah yakni tingkatan RW dan RT. Karang taruna tingkat nasional tidak ada. Tetapi tetap saja, karena karang taruna ada di setiap desa dan di setiap daerah, terasa bahwa karang taruna ini mencapai tingkatan nasional.
Tulisan ini berdasar pada pengalaman dan pengamatan penulis tentang organisasi kemasyarakatan. Seperti dikatakan di atas, bahwa untuk memahami organisasi kemasyarakatan lumayan rumit. Tetapi kurang lebih gambarannya seperti di atas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Organisasi: Organisasi Kemasyarakatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel