-->

Tips and Trick Melakukan Penelitian

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tips dan trick melakukan penelitian. Pokok pembahasan dari artikel ini adalah melakukan penelitian skripsi. Karena penelitian skripsi ini merupakan penelitian serius tingkat pertama. Jadi, kita mulai dari melakukan penelitian skripsi.

Baca juga

Penelitian biasa dilakukan oleh seorang akademisi. Seorang akademisi merupakan orang yang mendedikasikan dirinya kepada tiga hal: pendidikan dan pengajaran; penelitian dan pengembangan; dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga hal tersebut biasa disebut tridharma perguruan tinggi.

Penelitian skripsi merupakan sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan studinya di perguruan tinggi. Penelitian skripsi dapat digambarkan sebagai sebuah pembahasan tentang suatu permasalahan atau fenomena yang terjadi di kehidupan baik itu pada masyarakat atau pun lingkungannya.

Melakukan Penelitian


Bagaimana proses melakukan penelitian?


Penelitian dapat dilakukan dengan menyelesaikan beberapa tahapannya. Dimulai dari tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan akhir.

1. Tahapan Persiapan

Inti dari tahapan awal melakukan penelitian adalah penyusunan proposal penelitian. Jika dihitung waktu, penyusunan proposal penelitian dapat menghabiskan waktu sekitar satu bulan. Dalam tahapan persiapan ini pula terdapat beberapa tahapan lagi di dalamnya.

a. Melaksanakan bimbingan

Untuk penyusunan proposal penelitian, seorang peneliti khususnya dari kalangan mahasiswa yang akan melaksanakan penelitian skripsi harus melaksanakan bimbingan penyusunan proposal kepada dosen pembimbing akademiknya. Poin yang dibimbingkan anatara lain adalah judul penelitian, rumusan masalah, landasan teori, dan langkah-langkah penelitian.

b. Menyusun proposal

Selanjutnya adalah memulai penyusunan proposal. Proposal penelitian harus disusun berdasarkan arahan dan bimbingan dari dosen pembimbing akademik. Mengapa demikian? Jawaban sederhananya ialah karena dosen pembimbing akademik bertanggung jawab secara moril pada penelitian mahasiswanya.

c. Melakukan revisi proposal

Penyusunan proposal penelitian biasanya dilakukan bertahapa dalam jangka waktu yang standar sekitar satu bulan. Selama proses tersebut, seorang peneliti dari mahasiswa harus senantiasa berkonsultasi dengan dosen pembimbing perihal konten proposal yang disusunnya. Maka dari itu, satu minggu satu kali biasa dilakukan revisi penyusunan proposal bertahap.

d. Pengesahan proposal

Setelah penyusunan proposal selesai, maka akan diadakan proses pengesahan proposal oleh dosen pembimbing akademik. Pengesahan proposal penelitian tersebut merupakan tahapan formal agar proposal siap diujikan. Setelah proses ujian proposal selesai, maka penelitian bisa dilanjutkan kepada tahap pelaksanaan.

Baca juga

2. Tahapan Pelaksanaan

Tahapan pelaksanaan merupakan proses berlangsungnya penelitian. Keberlangsungan penelitian harus selalu bersandar pada proposal penelitian yang telah disusun. Karena pada hakikatnya sebuah proposal penelitian merupakan konsep gambaran berlangsung sebuah penelitian.

Tahapan pelaksanaan penelitian memiliki tiga tahapan umum. Pertama, tahapan proses penelitian di lapangan. Tahapan ini disesuaikan dengan poin langkah-langkah penelitian yang ada pada proposal penelitian.

Kedua, tahapan penulisan atau penyusunan hasil penelitian. Setiap penelitian yang dilakukan di lapangan pasti membuahkan hasil. Hasil penelitian tersebut harus dicatat untuk dituliskan dalam penyusunan skripsi.

Ketiga, tahapan bimbinga kepada dosen pembimbing akademi. Sama seperti pada saat penyusunan proposal penelitian, pada proses penyusunan hasil penelitian pun seorang peneliti tidak bisa lepas dari arahan dan bimbingan dosen pembimbing akademiknya. Alasannya seperti yang telah diutarakan sebelumnya, karena dosen pembimbing bertanggung jawab secara moril terhadapa penelitian tersebut.

Baca juga

3. Tahapan Akhir

Tahapan akhir dari sebuah penelitian adalah sidang penelitian atau sidang skripsi. Hasil dari penelitian kita akan disidangkan dalam sebuah seminar dan diuji oleh dosen penguji. Pada sidang skripsi ini, seorang peneliti akan mempresentasikan temuan dan hasil penelitiannya.

Baca juga

Seperti itu lah gambaran dari tahapan-tahapan penelitian yang kami sebut sebagai tips dan trick dalam melakukan penelitian. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips and Trick Melakukan Penelitian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel