-->

Proposal Usaha dan Cara Membuatnya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat proposal usaha sederhana. Apa itu proposal dan apa itu proposal usaha? Proposal merupakan sebuah dokumen tertulis tentang perencanaan suatu kegiatan. Berdasarkan pengertian tersebut, maka proposal usaha merupakan sebuah proposal yang menjelaskan tentang pengertian kegiatan usaha.

Untuk membuat proposal usaha terdapat cara-caranya. Untuk mempermudah mempelajari cara pembuatan proposal usaha, kita akan rincikan komponen-komponen yang diperlukan untuk menyusun proposal usaha.

cara membuat proposal usaha


Berikut ini cara membuat proposal usaha sederhana berdasarkan komponen proposal usaha.


1. Cover

Dalam penyusunannya, cover lah urutan yang pertama kali. Cover proposal usaha merupakan halaman muka. Biasanya berisi judul, logo, pembuat proposal (dalam hal ini perusahaan misalnya), alamat pembuat proposal, dan tahun.

2. Latar Belakang

Latar belakang diisi dengan alasan dari usaha yang akan kita buat. Latar belakang dalam proposal usaha tidak diharuskan panjang lebar. Yang terpenting adalah maksud kita dalam membuat usaha tersebut tercantum latar belakang.

3. Deskripsi Bisnis

Pada poin deskripsi bisnis, isi dengan penjelasan lebih rinci tentang usaha yang sedang kita buat. Usaha yang kita buat dirinci penjelasannya supaya bisa meyakinkan pihak lain jika ingin dilakukan kerjasama.

4. Survei Pasar

Setelah membuat poin deskripsi bisnis, selanjutnya membuat poin survei pasar. Kita selaku pelaku usaha harus melakukan survei pasar terlebih dahulu sebelum melakukan usaha. Misalnya di suatu daerah, kita melakukan survei ke masyarakat tentang usaha yang ingin kita buat.

5. Alat atau Bahan yang Dibutuhkan

Poin ini juga penting untuk dituliskan dalam proposal. Kita tahu usaha itu meliputi produksi barang dan jasa. Untuk melakukan produksi, maka kita memerlukan alat atau bahan yang dibutuhkan. Poin ini ada di dalam proposal tidak lain untuk memberikan kejelasan tentang usaha yang sedang kita buat.

6. Perencanaan Anggaran

Untuk membuat usaha, kita harus melakukan perhitungan yang matang. Termasuk dari hitung-hitungan itu adalah menghitung anggaran biaya. Perencanaan anggaran ini umumnya tentang modal yang dibutuhkan. Tetapi dalam beberapa proposal usaha, perencanaan anggaran diisi lengkap dari mulai modal, rencana penjualan, hingga profit.

7. Penutup

Penutup pada proposal usaha berisi simpulan dan harapan. Poin ini merupakan poin formalitas dalam sebuah proposal usaha tetapi sangat penting untuk dicantumkan. Pada poin penutup ini ditegaskan kembali tentang usaha yang kita buat dan tujuan dari pembuatan usaha ini.


Semua poin-poin di atas merupakan poin-poin yang menyusun sebuah proposal usaha sederhana. Jadi, untuk para pembaca sekalian yang berniat membuat proposal usaha, cara membuatnya adalah dengan menyusun tujuh poin di atas.

Dengan mempelajari cara membuat proposal usaha ini kita akan dapat membuat proposal usaha. Perlu kita ketahui bersama bahwa proposal usaha merupakan salah satu komponen proposal usaha yang penting dalam perintisan sebuah usaha.

Ada beberapa poin pelengkap dalam cara membuat proposal usaha ini. Di antaranya adalah peluang bisnis, permasalahan, solusi permasalahan, keunikan, cara membuat produk, dan analisis SWOT.  Poin-poin ini dinilai poin pelengkap sedangkan poin yang diurai di atas adalah poin inti dari cara menyusun proposal usaha. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Proposal Usaha dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel