-->

Proposal Pengajuan Dana dan Cara Membuatnya

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat proposal pengajuan dana. Sebelumnya kita telah membahas tentang contoh proposal pengajuan dana. Pada artikel contoh proposal pengajuan dana dibahas dua contoh proposal pengajuan dana, yakni proposal pengajuan dana kegiatan dan proposal pengajuan dana usaha.

Jadi, bagaimana cara membuatnya? Cara membuat proposal pengajuan dana bisa dibilang mudah. Tetapi dari sudut pandang lainnya, yaitu apabila kita tidak mengerti tentang komponen-komponen penyusun proposal, maka untuk membuat proposal pengajuan dana itu akan sulit.
cara membuat proposal pengajuan dana


Berikut ini cara membuat proposal pengajuan dana.


1. Cover

Cover proposal pengajuan dana atau halaman muka merupakan sesuatu yang wajib ada pada proposal. Cover merupakan halaman muka yang didalamnya berisi judul, logo, penyelenggara kegiatan, alamat, dan tahun. Ketika seseorang melihat cover, harus dipastikan bahwa orang tersebut memiliki rasa penasaran agar mau membuka keseluruhan isi proposal.

2. Pendahuluan

Poin pendahuluan diisi dengan latar belakang, tujuan, dasar hukum, dan hal lainnya yang diperlukan untuk ditulis dalam suatu proposal kegiatan atau proposal usaha. Agar lebih jelas, lihat contoh proposal pengajuan dana kegiatan dan contoh proposal pengajuan dana usaha.

3. Deskripsi kegiatan

Poin deskripsi kegiatan merupakan poin yang berisi penjelasan dari kegiatan atau usaha yang kita selenggarakan. Usahakan dibuat sejelas-jelasnya dan serinci-rincinya. Mengapa harus begitu? Ingat, proposal pengajuan dana memiliki tujuan agar suatu kegiatan kita mendapat dana dari pihak lain baik itu lembaga yang menaungi kita atau pun yang lainnya.

4. Anggaran dana

Poin anggaran juga harus dicantumkan dengan jelas dan rinci. Karena biasanya para penyuplai dana proposal akan sangat teliti dalam membaca poin anggaran dana ini. Ketidaklengkapan yang ada pada poin anggaran dana akan menyebabkan dana tidak turun.

5. Pengajuan dana

Poin pengajuan dana ini berisi kata-kata permohonan agar pihak yang kita ajukan dana dapat memberikan dana yang kita butuhkan. Poin ini juga berisi informasi kesepakatan apabila pemberi dana mengajukan syarat agar dana bisa turun. Pada poin ini juga diisi kontak dilengkapi nomor rekening. Hal ini diperlukan agar pemberi dana tidak sulit untuk memberikan dana yang kita butuhkan.

6. Penutup

Poin penutup berisi simpulan dari kegiatan yang akan diselenggarkan. Poin ini juga berisi harapan terhadap suksesnya suatu kegiatan yang secara otomatis menguntungkan penyenggara kegiatan dan juga pemberi dana.

Lihat tentang

Perlu diketahui bahwa proposal pengajuan dana ini merupakan versi lain dari proposal kegiatan dan proposal usaha. Ketika kita akan menyelenggarakan diperlukan proposal kegiatan. Jika kegiatan yang ingin kita selenggarakan memerlukan dana dari pihak luar, secara otomatis harus dibuat juga proposal pengajuan dana untuk kegiatan ini. Semoga dapat difahami dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Proposal Pengajuan Dana dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel