-->

(Pdf) Contoh Proposal Penelitian Skripsi Singkat dan Jelas

Contoh Proposal Penelitian Skripsi - Proposal merupakan suatu dokumen yang dibuat sebagai panduan untuk dilaksanakannya suatu kegiatan. Proposal terbagi ke dalam beberapa jenis; ada proposal kegiatan, proposal usaha, proposal pengajuan, proposal penelitian, dan lain-lain.

Kali ini kita akan membahas proposal penelitian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, proposal penelitian dapat diartikan sebagai dokumen yang dibuat sebagai panduan untuk dilaksanakannya suatu penelitian.

Penelitian itu sendiri merupakan sebuah kegiatan pencarian dan penggalian suatu pengetahuan baru berdasarkan metode ilmiah. Peneltian biasanya dilaksanakan oleh peneliti yang memiliki keterkaitan dengan suatu lembaga. Misalnya seorang peneliti dari mahasiswa yang memiliki keterkaitan dengan universitasnya, seorang peneliti dari kepemerintahan, atau seorang peneliti dari sebuah perusahaan.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang contoh proposal penelitian skripsi. Proposal penelitian skripsi ini adalah proposal penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa tingkat S-1. Penelitian skripsi oleh mahasiswa ini dapat dikateforikan penelitian tingkat dasar. Penelitian ini digolongkan penelitian tingkat dasar untuk tahap pembelajaran.

Skripsi merupakan tugas akhir bagi seorang mahasiswa sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana. Proposal penelitian skripsi dibuat sebelum dilaksanakannya penelitian dan pembuatan skripsi. Tujuan dibuatnya proposal penelitian skripsi ini untuk diajukan kepada pihak universitas yang diwakili oleh fakultas untuk ditinjau terlebih dahulu.

Selanjutnya akan diadakan seminar proposal atau ujian proposal. Proposal penelitian mahasiswa yang telah dibuat akan dipresentasikan dan jika pihak universitas meluluskan seminar proposal tersebut, maka mahasiswa bisa memulai penelitiannya dan mulai menyusun skripsi.

Contoh proposal penelitian skripsi dibuat secara tersusun dimulai dari judul, latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat dan kegunaan penelitian, tinjauan pustaka, landasan teori, dan langkah-langkah penelitian.


Proposal Penelitian Skripsi


Berikut ini contoh proposal penelitian skripsi:


Judul: Penggunaan Dupa pada Tradissi Ngukus dalam Pengurusan Jenazah

Latar Belakang: Pada umumnya masyarakat di desa Sudi sudah meninggalkan praktik-praktik kebudayaan pembakaran dupa dikarenakan lebih mendekatkan kepada kesyirikan kepada Allah swt. Tetapi, pada kenyataanya sebagian kecil masyarakat di sana masih melestarikan tradisi pembakaran dupa karena menganggap hal tersebut sebagai warisan nenek moyang mereka.

Rumusan Masalah: Apa makna yang terkandung dalam penggunaan dupa pada tradisi ngukus dalam pengurusan jenazah?

Tujuan Penelitian: Mengetahui makna yang terkandung dalam penggunaan dupa pada tradisi ngukus dalam pengurusan jenazah.

Manfaat dan Kegunaan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang tradisi ngukus dan menjelaskan kepada pembaca tentang alasan mereka tetap melakanakan traidsi ini.

Tinjauan Pustaka: Jurnal tentang Kampung Adat Baduy

Landasan Teori: Teori Fenomelogi dari Alferd Schutz yang menjelaskan bahwa setiap perilaku manusia memiliki makna yang intersubjektif.

Langkah-langkah Penelitian: Metode Penelitian Deskriptif Fenomenologis, Jenis Penelitian Kualitatif, Pendekatan Fenomenologi menggunakan Teori Fenomenologi Alfred Schutz, Lokasi Penelitian Desa Sudi Kabupaten Bandung, Teknik Pengumpulan Data Wawancara, Teknik Analisa Data ditampilkan, direduksi, dan disimpulkan.

Baca juga :

Download Contoh Proposal Penelitian Skripsi

Seperti itu lah rangkuman tentang contoh  proposal penelitian skripsi. Pada praktiknya, setiap poin di atas perlu diuraikan lebih jelas lagi dan disesuaikan dengan panduan penulisan skripsi.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Penelitian Skripsi Singkat dan Jelas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel