-->

Contoh Proposal Penelitian Komparatif (Membandingkan)

Contoh Proposal Penelitian Komparatif - Proposal adalah sebuah dokumen yang disusun sebagai panduan untuk dilakukannya suatu kegiatan. Proposal terbagi ke dalam beberapa jenis: ada proposal usaha, proposal kegiatan, proposal permohonan, proposal penelitian, dan lain-lain.

Yang akan dibahas sekarang adalah proposal penelitian. Seperti yang telah dipaparkan di atas, proposal penelitian merupakan sebuah dokumen yang disusun sebagai panduan untuk dilakukannya suatu penelitian.

Kita perlu mengetahui apa itu penelitian. Penelitian merupakan sebuah kegiatan menggali dan mencari sebuah pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah. Penelitian biasanya dilakukan oleh peneliti yang memiliki keterkaitan dengan suatu lembaga atau instansi. Misalnya seorang mahasiswa yang memiliki keterkaitan dengan universitasnya, seorang peneliti kepemerintahan, atau seorang peneliti dari sebuah perusahaan.

Jika ditinjau dari metode atau cara penelitiannya, sebuah penelitian dapat dikaegorikan kepada tiga hal: pertama, penelitian deskriptif; kedua, penelitian komparatif; dan ketiga, penelitian evaluatif. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang contoh proposal penelitian komparatif.

Penelitian komparasi artinya penelitian yang membandingkan antara dua variabel dalam objek penelitiannya. Komparatif itu sendiri merupakan bentuk sifat dari kata dasar komparasi yang berarti membandingkan. Jadi, metode komparatif akan berisikan sebuah penelitian terhadap dua objek penelitian untuk dibandingkan dan dicari sebuah hasil yang diinginkan sesuai dalam rumusan masalah dan tujuan penelitiannya.

Daftar Isi :



Proposal Penelitian Komparassi


Berikut ini contoh proposal penelitian komparatif.

Judul: Metode Belajar Membaca Alquran: Eja dan Tarawas dan Pengaruhnya Terhadap Kecepatan Anak-anak dalam Menyerap Pembelajaran

Latar Belakang: Pada umumnya metode belajar membaca Alquran yang dipakai di era sekarang adalah metode tarawas dengan menggunakan buku Iqro’. Tetapi, di sebagian wilayah di perkampungan masih ada yang menggunakan metode pembelajaran ejaan klasik.

Rumusan Masalah: Bagaimana perbandingan rasio kecepatan anak-anak dalam belajar membaca Alquran dengan menggunakan dua metode: tarawas dan ejaan klasik?

Tujuan Penelitian: Mengetahui perbandingan rasio kecepatan anak-anak dalam belajar membaca Al-Quran menggunakan dua metode: tarawasi dan ejaan klasik.

Manfaat dan Kegunaan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan perbandingna antara dua metode pembelajaran pembacaan Alquran bagi anak-anak dan dilihat antara dua metode itu mana yang lebih mudah diserap oleh anak-anak.

Tinjauan Pustaka: Buku tentang metode belajar membaca Alquran

Landasan Teori: Teori perbandingan

Langkah-langkah Penelitian: Metode Penelitian Komparatif, Jenis Penelitian Kuantitatif, Pendekatan Studi Komparatif dengan menggunakan Teori Perbandingan, Lokasi Penelitian Desa Sudi Kabupaten Bandung, Teknik Pengumpulan Data Angket Survei Wawancara, Teknik Analisa Data ditampilkan, direduksi, dan disimpulkan.

Berikut ini contoh judul penelitian komparatif:
  • Metode Belajar Membaca Alquran: Eja dan Tarawas dan Pengaruhnya Terhadap Kecepatan Anak-anak dalam Menyerap Pembelajaran
  •  Pemahaman tentang Alkitab antara Katolik dengan Protestan
  •  Metode Tasyri’ Menurut Pendukung Khilafah dan Pendukung Demokrasi di Indonesia


Poin-poin di atas merupakan pembentuk sebuah proposal penelitian komparatif. Kita dapat melihat unsur komparasi atau perbandingan tersebut pada pada langkah-langkah penelitiannya. Seperti itulah contoh proposal penelitian komparatif.

0 Response to "Contoh Proposal Penelitian Komparatif (Membandingkan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel