-->

Contoh Proposal Penelitian Evaluatif (Mix Deskriptif dan Komparatif)

Contoh Proposal Penelitian Evaluatif - Proposal adalah sebuah dokumen yang dibuat sebagai panduan untuk dilaksanakannya suatu kegiatan. Proposal memiliki ragam jenisnya, ada proposal usaha, proposal kegiatan, proposal permohonan, proposal penelitian, dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas proposal penelitian. Seperti yang telah kita ketahui, proposal penelitian merupakan sebuah dokumen yang dibuat sebagai acuan untuk dilaksanakannya suatu kegiatan penelitian.

Penelitian itu sendiri merupakan sebuah kegiatan menggali dan mencari pengetahuan baru berdasarkan metode ilmiah. Penelitian biasanya dilaksanakan oleh seorang peneliti yang memiliki keterkaitan dengan suatu lembaga atau instansi. Misalnya seorang peneliti dari mahasiswa yang memiliki keterkaitan dengan universitasnya, seorang peneliti dari kepemerintahan, atau seorang peneliti yang memiliki keterkaitan dengan sebuah perusahaan.

Pada umumnya penelitian berdasarkan metodenya terbagi kepada tiga hal: pertama, penelitian deskriptif; kedua, penelitian komparatif; dan ketiga, penelitian evaluatif. Dalam artikel ini akan dibahas tentang contoh proposal penelitian evaluatif.

Penelitian evaluatif  adalah penelitian dengan metode evaluasi. Metode evaluatif artinya sebuat cara penelitian mengkaji dan mengevaluasi suatu objek penelitian. Objek penelitian dengan menggunakan metode evaluatif bersifat sebuah fenomena yang akan dikritisi sehingga memunculkan sebuah hasil penelitian baru atau bahkan sebuah teori baru.

Penelitian evaluatif ini dapat dikategorikan penelitian tingkat tinggi. Karena untuk mencapai sebuah evaluasi, peneliti harus dapat mendeskripsikan sebuah objek penelitian lalu mengkomparasikan dengan objek penelitian lainnya. Setelah itu, baru lah dapat dilakukan evaluasi terhadap suatu objek penelitian.

Daftar Isi



Proposal Penelitian Evaluatif


Contoh proposal penelitian evaluatif adalah sebagai berikut.

Judul: Analisi Kritis terhadap Penggunaan Tradisi Ngukus dalam Pengurusan Jenazah

Latar Belakang: Pada umumnya masyarakat di desa Sudi sudah meninggalkan praktik-praktik kebudayaan pembakaran dupa dikarenakan lebih mendekatkan kepada kesyirikan kepada Allah swt. Tetapi, pada kenyataanya sebagian kecil masyarakat di sana masih melestarikan tradisi pembakaran dupa karena menganggap hal tersebut sebagai warisan nenek moyang mereka.

Rumusan Masalah: Bagaimana asal-usul tradisi ngukus dalam pengurusan jenazah?

Tujuan Penelitian: Mengetahui asal-usul tradisi ngukus dalam pengurusan jenazah.

Manfaat dan Kegunaan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan tentang asal-usul tradisi ngukus kepada pembaca sehingga memunculkan pemikiran yang jernih tentang sikap yang harus dimunculkan kepada orang-orang yang masih melestarikan tradisi ngukus.

Tinjauan Pustaka: Buku tentang asal-usul incense (pembakaran dupa untuk upacara)

Landasan Teori: Teori tentang perilaku keberagamaan manusia

Langkah-langkah Penelitian: Metode Penelitian Evaluatif, Jenis Penelitian Campuran Kualitatif-Kuantitatif, Pendekatan Fenomenologi menggunakan Teori Perilaku Keberagamaan Manusia, Lokasi Penelitian Desa Sudi Kabupaten Bandung, Teknik Pengumpulan Data Wawancara Obesrvasi Dokumentasi, Teknik Analisa Data ditampilkan, direduksi, dan disimpulkan.

Poin-poin di atas adalah pembentuk sebuah proposal penelitian evaluatif. Kita dapat melihat unsur evaluasi tersebut pada kalimat judul dan pada langkah-langkah penelitiannya. Seperti itulah contoh proposal penelitian evaluatif.

0 Response to "Contoh Proposal Penelitian Evaluatif (Mix Deskriptif dan Komparatif)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel