-->

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif beserta Uraian Singkat

Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif - Proposal merupakan sebuah dokumen yang dibuat sebagai acuan untuk dilaksanakannya suatu kegiatan. Proposal memiliki ragam jenisnya, ada proposal kegiatan, proposal usaha, proposal pengajuan, proposal penelitian, dan masih banyak lagi.
Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang proposal penelitian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, proposal penelitian dapat diartikan sebagai dokumen yang dibuat sebagai acuan untuk dilaksanakannya suatu kegiatan penelitian.

Penelitian itu sendiri merupakan sebuah kegiatan mencari dan menggali suatu pengetahuan baru berdasarkan metode ilmiah. Penelitian biasanya dilakukan oleh seorang peneliti yang memiliki keterkaitan dengan suatu lembaga atau instansi. Misalnya seorang peneliti dari mahasiswa yang memiliki keterkaitan dengan universitasnya, seorang peneliti dari kepemerintahan, atau seorang peneliti dari sebuah perusahaan.

Yang akan kita bahas di sini adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki keterkaitan dengan universitasnya. Karena penelitian seorang mahasiswa ini dapat disebut penelitian tingkat dasar untuk pemula. Penelitian seorang mahasiswa ini bisa dikategorikan tahap pembelajaran dengan menggunakan metode penelitian yang mudah dilakukan.

Secara garis besar, penelitian terbagi kepada dua jenis penelitian: yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang penelitian kuantitatif.
Kuantitatif secara bahasa merupakan bentuk sifat dari kuantitas yang artinya berdasar angka atau jumlah. Dari sini kita dapat mengerti bahwa penelitian kuantitatif lebih berfokus pada penelitian yang memiliki medan angka-angka. Penelitian kuantitatif ini bersifat pasti dan jarang berubah-ubah. Karena data yang dicari dan diperoleh adalah data-data yang berupa angka dan jumlah.

Untuk membuat proposal penelitian kuantitatif, kita akan memulainya dari judul. Judul dari penelitian kuantitatif memiliki ciri yang khusus yaitu terdapat kata “pengaruh” dan atau kata “terhadap”.

Proposal Penelitian Kuantitatif


Berikut ini contoh proposal penelitian kuantitatif dalam bentuk judul:


Pengaruh Perkembangan Sektor Perdagangan, Hotel Dan Restoran Kota Pekalongan Terhadap Sektor Pertanian Daerah Lainnya di Jawa Tengah

Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Penanggulangan Tuna Wisma Di Jakarta

Dampak Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Tingkat Putus Sekolah Di Kabupaten Garut

Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Pertumbuhan Usaha Ekonomi Rakyat Di Teminabuan Provinsi Papua Barat (Studi Kasus Di Distrik Teminabuan, Kari Dan Aini)

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Batubara Pada PT. Dinamo Kuantiva Jak

Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Disparitas Pendapatan Antardaerah Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Provinsi Jawa Barat

Analisis Pengaruh Jumlah Tanggungan Keluarga, Umur, Dan Status Pekerjaan Terhadap Pendapatan Keluarga Wanita Single Parent

Hubungan Ketenagakerjaan Dan Perubahan Struktur Sosial-Ekonomi terhadap Kesejahteraan Masyarakat

Daftar Isi


Meskipun begitu, penelitian kuantitatif memiliki kriteria yang lebih spesifik dari pada hanya dilihat dari judul. Kriteria tersebut bisa kita lihat dari data yang diperoleh: teknik pengumpulan data dan teknik analisa data. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa penelitian kuantitatif itu bergelut dengan angka, maka data yang diperoleh akan didominasi dengan angka-angka. Teknik pengumpulan data yang diprioritaskan adalah dengan survei menggunakan angket.

Sekilas contoh penelitian kuantitatif ini merupakan penelitian yang lebih rumit karena banyak perhitungan di dalamnya. Tetapi dalam hasil penelitiannya akan menunjukkan suatu kepastian karena data yang diperoleh biasanya tidak banyak berubah dalam proses penelitiannya.

0 Response to "Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif beserta Uraian Singkat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel