-->

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Uraian dan Deskripsi

Contoh Proposal Penelitian Kualitatif - Proposal penelitian merupakan syarat wajib pertama kali bagi seseorang yang akan melakukan penelitian. Proposal penelitian dibuat dengan dua tujuan: pertama, untuk memandu peneliti dalam melaksanakan penelitiannya; dan kedua, untuk menjelaskan proyeksi penelitian kepada lembaga atau instansi terkait. Dari sana, kita akan melihat bahwa tujuan dibuatnya proposal penelitian adalah untuk diri sendiri peneliti dan untuk pihak lain yakni instansi atau lembaga terkait. Maka dari itu, proposal penelitian ini merupakan bahan yang vital dalam pelaksanaan penelitian.

Proposal penelitian harus memiliki sebuah judul. Judul yang dibuat dalam proposal penelitian bukanlah judul yang sudah paten. Masih diperlukan beberapa peninjauan lainnya yaitu ketika sebuah proposal penelitian diajukan. Proposal penelitian memiliki beberapa hal inti.  Diantaranya latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat atau kegunaan penelitian, kerangka berpikir, kajian teori, dan langkah-langkah penelitian.

Penelitian kualitatif merupakan proposal yang memiliki kecenderungan mengumpulkan data yang bersifat pendapat atau opini. Kualitatif itu sendiri berarti sesuatu yang memiliki sifat kualitas. Dalam penelitian kualitatif, opini-opini dikumpulkan sebanyak-banyaknya. Setelah opini terkumpul, peneliti melakukan penyortiran opini berdasar kualitasnya. Dalam hal ini, bukan berarti opini yang lain tidak diikutsertakan dalam pengambilan kesimpulan nantinya. Tetapi, opini-opini tersebut semuanya diikutsertakan dalam proses pengambilan kesimpulan sementara. Agar lebih mudah difahami, yang dimasud kualitas di sini adalah kesimpulan yang ada dapat berubah-ubah seiring dengan berjalannya penelitian. Akan terus berubah pula seiring banyaknya opini yang terkumpul tentang suatu masalah.
Dalam penelitian kualitatif, pengumpulan data yang wajib digunakan adalah wawancara. Karena dengan wawancara lah, seorang peneliti dapat mengumpulkan opini sebanyak-banyaknya. Inti dari penelitian kualitatif ini adalah data yang terkumpul berupa opini dan pendapat.

Kualitatif merupakan sebuah bentuk kata sifat dari kualitas. Kualitas itu sendiri merupakan sesuatu yang memiliki nilai. Sehingga, karena kualitas itu sesuatu yang bernilai, maka secara tidak langsung kualitatif itu mengandung unsur subjektifitas. Kesubjektifitasan di sini diartikan sesuatu yang tidak pasti atau berubah-ubah.

Seperti itu lah makna dari kualitatif dalam konteks penelitian. Unsur kesubjektifitasannya ini bukanlah sesuatu yang negatif atau mengurangi substansi dari inti penelitian. Yang mana kita tahu bahwa peneltian itu memerlukan objektifitas dari seorang peneliti dalam memandang suatu masalah. Tetapi penelitian kualitatif di sini tidak sampai diartikan bahwa penelitian kualitatif itu tidak dapat dipercaya. Karena, banyak sekali kasus yang perlu dipecahkan dengan penelitian kualitatif, misalnya fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat.


Proposal Penelitian Kualitatif


Berikut ini merupakan contoh proposal kualitatif.

Judul: Penggunaan Dupa pada Tradisi Ngukus dalam Pengurusan Jenazah

Latar Belakang: Pada umumnya masyarakat di desa Sudi sudah meninggalkan praktik-praktik kebudayaan pembakaran dupa dikarenakan lebih mendekatkan kepada kesyirikan kepada Allah swt. Tetapi, pada kenyataanya sebagian kecil masyarakat di sana masih melestarikan tradisi pembakaran dupa karena menganggap hal tersebut sebagai warisan nenek moyang mereka.

Rumusan Masalah: Apa makna yang terkandung dalam penggunaan dupa pada tradisi ngukus dalam pengurusan jenazah?

Tujuan Penelitian: Mengetahui makna yang terkandung dalam penggunaan dupa pada tradisi ngukus dalam pengurusan jenazah.

Manfaat dan Kegunaan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang tradisi ngukus dan menjelaskan kepada pembaca tentang alasan mereka tetap melakanakan traidsi ini.

Tinjauan Pustaka: Jurnal tentang Kampung Adat Baduy

Landasan Teori: Teori Fenomelogi dari Alferd Schutz yang menjelaskan bahwa setiap perilaku manusia memiliki makna yang intersubjektif.

Langkah-langkah Penelitian: Metode Penelitian Deskriptif Fenomenologis, Jenis Penelitian Kualitatif, Pendekatan Fenomenologi menggunakan Teori Fenomenologi Alfred Schutz, Lokasi Penelitian Desa Sudi Kabupaten Bandung, Teknik Pengumpulan Data Wawancara, Teknik Analisa Data ditampilkan, direduksi, dan disimpulkan.

Daftar isi


Seperti itulah contoh proposal penelitian kualitatif.

0 Response to "Contoh Proposal Penelitian Kualitatif Uraian dan Deskripsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel