-->

Contoh Proposal Kerjasama Makanan Pisang Coklat

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang proposal kerjasama usaha makanan pisang coklat. Makanan pisang coklat diproduksi dengan desain cafe atau kedai oleh perusahaan Isnen Project.

Artikel terkait


Proposal Kerjasama Makanan Pisang Coklat



Berikut ini contoh proposal kerjasama usaha makanan pisang coklat.

ISNEN PROJECT
PROPOSAL KERJASAMA







DIISI LOGO PERUSAHAAN
ATAU
LOGO PRODUK









Jl. Cidahu Ds. Padarame Kec. Cisompet
Kabupaten Garut
2020

A. Pendahuluan

Usaha pisang coklat ini merupakan sebuah usaha yang diinisiasi oleh rekan-rekan tim di perusahaan Isnen Project. Agar diketahui bersama bahwa usaha makanan pisang coklat ini muncul sebagai ide dilatarbelakangi oleh kepedulian perusahaan Isnen Project kepada para petani pisang, khususnya di daerah Padarame.

Melihat kenyataan bahwa para petani pisang menjadi suplayer bagi orang-orang yang di luar daerah tersebut, maka dari itu muncullah ide untuk membuat usaha makanan pisang coklat. Diharapkan dengan adanya usaha ini, para petani pisang dapat menjadi suplayer bagi putra daerah.

Tentunya usaha makanan pisang coklat ini memiliki beberapa tujuan selain dari membantu para petani pisang. Tujuan-tujuan tersebut antara lain:

1. Memanfaatkan peluang untuk memiliki lahan pekerjaan
2. Memperluas jaringan perusahaan Isnen Project
3. Menambahkan rasio peluang investor

B. Profil Perusahaan

Kedai pisang coklat merupakan salah satu produk atau program yang diinisiasi oleh perusahaan Isnen Project. Isnen Project merupakan perusahaan yang dirintis oleh Ahmad Isnaeni beserta keluarga.

Perusahaan Isnen Project fokus pada pemberdayaan pendidikan dan perekonomian masyarakat. Perusahaan ini berpusat di Garut dan sudah memiliki cabang-cabang perkantoran di beberapa kota seperti Jogjakarta, Bandung, dan Tasikmalaya.

Kedai pisang coklat ini misalnya, ini menjadi produk atau program yang ditujukan untuk membuka lapangan kerja. Latar belakang dari kedai pisang coklat ini pula berdasar pada kepedulian Isnen Project kepada para petani pisang terutam di daerahnya.

C. Deskripsi Usaha

Usaha ini dinamakana makanan pisang coklat. Pisang coklat ini akan disajikan dalam bentuk makanan ringan dan makanan berat. Kategori makanan ringan disajikan dengan pisang coklat dengan porsi sedikit. Sedangkan kategori makanan berat disajikan dengan porsi yang banyak.

Usaha makanan ini akan dipasarkan dengan bentuk kantin atau kedai. Kedai pisang coklat akan bertempat di daerah samping jalan raya untuk lebih memanfaatkan keramaian orang agar kedai banyak dikunjungi.

Kedai pisang coklat tidak hanya akan menyajikan pisang saja. Kedai tersebut akan menambahkan menu minuman yang bermacam-macam untuk melengkapi menu di kedai pisang coklat tersebut. Kedai pisang coklat ini akan bernuansa kehangatan malam dengan menu yang menghangatkan suasana.

D. Deskripsi Produk

Pisang coklat ini berbahan dasar pisang. Pisang tersebut disajikan dalam dua jenis: pisang goreng dan pisang bakar. Selanjutnya akan ditambahakan keju, gula, dan susu sebagai pelengkap rasa. Disajikan berbagai macam toping untuk membuat pisang coklat memiliki rasa yang variatif sehingga menarik selera makan pengunjung.

Bentuk pisang coklat akan dibuat bervariatif. Menu-menu yang disajikan berdasar variasi bentuk pisang akan disajikan dalam promosi kedai dan produk. Kedai pisang coklat akan berusaha membuat kreasi yang dapat menarik minat pengunjung.

Pisang coklat akan disajikan pada wadah yang juga menarik. Variasi yang direncanakan akan ada pada bentuk, warna, dan corak pada wadah. Hal tersebut diyakini juga dapat menarik minat pengunjung untuk menikmati pisang coklat yang bisa dijadikan media pelengkap berfoto selfie.

E. Survei Pasar

Kedai pisang coklat direncanakan dibuka di jalan Padarame, di tempat yang terhitung ramai dilalui orang-orang. Rencana tersebut disesuaikan dengan survei pasar di lapangan. Data-data yang didapat di antaranya sebagai berikut.

1. Di daerah tersebut sudah mulai terlihat minat-minat warga yang mulai menyukai jajanan tongkrongan.
2. Suhu di daerah tersebut terbilang sub tropis menjadikannya cocok untuk dipasarkan kedai pisang coklat.
3. Belum ada kedai pisang coklat.
4. Harga yang terjangkau untuk perekonomian menengah menjadikan kedai pisang coklat cocok dibuka di daerah tersebut.

F. Anggaran

Anggaran yang dicantumkan di sini merupakan anggaran modal Isnen Project untuk membuat kedai pisang coklat. Adapun perihal rencana penjualan dan target penghasilan akan dibuat dalam jangka waktu mendekati pembukaan kedai pisang coklat tersebut.

Anggaran Modal Terlampir

G. Kontrak Kerjasama

Kedai pisang coklat melakukan kerjasama dengan beberapa pihak di antaranya adalah kelompok petani pisang di desa Padarame dan toko-toko penuplai bahan-bahan untuk produksi di kedai pisang coklat.

Kami dari pengelola kedai pisang coklat menawarkan kerjasama berupa penawaran menjadi suplayer untuk produksi kami. Kami menawarkan bonus 5% dari penghasilan kami selama satu tahun.

Kelompok pengelola kebun pisang tidak diperkenankan menjual pisangnya kepada pihak lain selama kami membutuhkan pisang tersebut. Sedangkan suplayer bahan-bahan produksi kedai pisang coklat lainnya hanya menjadi suplayer dengan mendapatkan keuntungan diperkenalkan sebagai suplayer kedai pisang coklat kami.

H. Penutup

Kedai pisang coklat ini dibuka dengan berbagai tujuan yang baik. Inti dari dibukanya kedai pisang coklat ini adalah sebagai bentuk kepedulian rekan-rekan tim di Isnen Project kepada para petani pisang di daerahnya. Semoga dengan melakukan kerjasama dengan putra daerah akan menjalin kerjasama yang baik dan saling menguntungkan.

Donwload file PDF nya lengkap

Sekian saja pembahasan tentang contoh proposal makanan pisang coklat. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Contoh Proposal Kerjasama Makanan Pisang Coklat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel