-->

Istilah-istilah Pendekatan dan Jenis Penelitian

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam kegiatan penelitian. Sebuah penelitian harus memiliki metode penelitian. Di dalam metode penelitian tersebut ada istilah pendekatan yang digunakan.

Pendekatan Penelitian


Apa yang dimaksud pendekatan di dalam penelitian?


Pendekatan di dalam penelitian merupakan cara yang ditempuh oleh peneliti dalam menjalankan penelitiannya. Sebagai contoh adalah pendekatan yang telah dipraktikkan penulis dalam menyelesaikan skripsinya, yaitu pendekatan deskriptif fenomenologi. Ini dapat diartikan bahwa penelitian tersebut dijalankan dengan cara menjelaskan permasalahan fenomenologi.


Apa saja pendekatan-pendekatan di dalam penelitian?


Berikut ini tiga pendekatan penelitian yang bersifat tahapan atau tingkatan.

1. Deskriptif

Pendekatan deskriptif merupakan pendekatan penelitian yang mengharuskan peneliti menggambarkan sebuah permasalahan. Begitu permasalahan penelitian digambarkan atau dideskripsikan, maka permasalahan tersebut akan menjadi jelas. Ketika permasalahan sudah menjadi jelas, maka pencarian solusi dapat diberikan dengan cepat dan seksama.

Deskriptif berasal dari kata deskripsi. Ketika suatu kata di dalam bahasa Indonesia dimasuki imbuhan –if maka memiliki arti sifat. Jadi, deskriptif dapat diartikan bersifat menggambarkan. Deskripftif adalah proses menggambarkan sesuatu. Di dalam penelitian, deskriptif menjadi salah satu pendekatan penelitian. Ini dapat diartikan bahwa pendekatan deskriptif adalah pendekatan penelitian dengan jalan menggambarkan suatu permasalahan penelitian.


2. Komparatif

Pendekatan komparatif merupakan pendekatan penelitian dengan cara membandingakan dua variabel permasalahan. Dalam praktiknya, penelitian ini mengharuskan peneliti meneliti dua objek permasalahan. Dengan begitu peneliti dapat membandingkan dua permasalahan tersebut untuk menemukan sebuah solusi.

Komparatif berasal dari kata komparasi yang artinya membandingkan. Komparatif dapat diartikan penelitian yang bersifat membandingkan dua variabel permasalahan. Komparatif adalah proses membandingkan dua variabel permasalahan untuk menemukan hasil penelitian yang bersifat solusi.


3. Evaluatif

Pendekatan evaluatif merupakan pendekatan penelitian yang mengharuskan peneliti mengevaluasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di lapangan. Di lalam penedektan evaluatif, peneliti harus sudah memhami permasalahan yang ada secara detail.

Evaluatif berasal dari kata evaluasi yang artinya memberikan penilaian. Sama seperti yang lainnya kata evaluasi dimasuki imbuhan –if sehingga artinya menjadi “bersifat menilai”. Evaluatif adalah proses memberikan penilaian kepada sesuatu. Jadi, pendekatan evaluatif adalah pendekatan yang bersifat memberikan penilaian kepada suatu permasalahan di lapangan.


Pendekatan penelitian yang populer di kalangan mahasiswa


Pendekatan yang populer di kalangan mahasiswa banyak sekali. Tetapi di sini akan kita bahas dua saja.

1. Deskriptif fenomenologis

Pendekatan deskriptif fenomenologis merupakan sebuah pendekatan penelitian yang menggambarkan suatu fenomena di lapangan. Peneliti dengan pendekatan ini akan menggambarkan dengan jelas permasalahan yang muncul di lapangan. Dengan adanya pendekatan fenomenologis, itu berarti peneliti tidak akan menilai dan mengomentari lebih jauh. Peneliti akan berhenti pada tahap menggambarkan saja. Itu lah yang dimaksud dengan pendekatan deskriptif fenomenologis.


2. Historis

Sedangkan pendekatan historis merupakan pendekatan penelitian dengan cara mengkaji asal mula dari suatu permasalahan di lapangan. Peneliti tidak menggambarkan secara langsung, melainkan mencari penyebab dari permasalahan itu terjadi.

Baca juga



Kedua pendekatan di atas sangat populer di kalangan mahasiswa, tentunya bagi mereka yang menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sebagai penegasan, artikel ini menjelaskan lima bentuk pendekatan penelitian: deskriptif, komparatif, evaluatif, deskriptif fenomenologis, dan historis. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Istilah-istilah Pendekatan dan Jenis Penelitian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel