-->

Tips dan Trick Menyelenggarakan Kegiatan

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tips dan trick menyelenggarakan kegiatan. Kegiatan yang dimaksud di sini adalah kegiatan yang biasa diselenggarakan oleh organisasi, kelompok, komunitas, atau kelompok lainnya.

Untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan tentu membutuhkan pengalaman pada kegiatan itu sendiri. Terdapat tahapan dalam pembelajaran penyelenggaraan kegiatan. Di mulai dari menjadi peserta, menjadi panitia, sampai menjadi penyelenggara kegiatan.

Judul ini dianggap penting untuk dibahas agar dapat melengkapi artikel-artikel sebelumnya mengenai proposal kegiatan. Setelah kita belajar mengenai contoh proposal kegiatan, sangat lah baik bagi kita untuk membaca artikel ini yakni tips dan trick menyelenggarakan sebuah kegiatan.

Menyelenggarakan Kegiatan


Kegiatan yang diselenggarakan oleh sebuah organisasi


Sebuah organisasi dibentuk dengan tujuan atau visi. Visi sebuah organisasi akan dirinci pada bagian misi-misi organisasi. Visi dan misi yang sudah disusun akan diwujudkan dalam sebuah kegiatan-kegiatan atau event.

Bagaimana tips dan tricknya? Simak yang berikut ini


1. Mengeksekusi program kerja

Suatu organisasi pasti memiliki program kerja. Setiap program kerja dirumuskan dalam rapat kerja yang biasanya dilaksanakan pada awal diresmikannya suatu organisasi atau suatu kepengurusan organisasi.

2. Merumuskan rencana kegiatan

Pada bagian ini, beberapa pengurus tinggi seperti ketua umum dan ketua bidang terkait akan memulai rapat non formal untuk membicarakan perihal kegitan yang akan diselenggarakan. Agenda yang dibahas dalam poin ini antara lain tentang tema kegiatan, agenda kegiatan umum, dan membentuk kepanitiaan.

3. Melaksanakan rapat atau pertemuan

Selanjutnya panitia yang telah terbentuk diharuskan melakukan pertemuan untuk membahas beberapa poin, antara lain sebagai berikut:

a. Tema kegiatan dan nama kegiatan
b. Waktu dan tempat kegiatan
c. Agenda kegiatan atau acara
d. Keperluan tiap seksi dari kepanitiaan
e. Rencana anggaran biaya

Biasanya, untuk merumuskan beberapa permasalahan di atas memerlukan beberapa kali pertemuan. Pertemuan-pertemuan tersebut dipimpin oleh ketua panitia dan diawasi oleh ketua umum dari sebuah organisasi.

4. Mempraktikkan hasil pertemuan dalam kegiatan

Setelah semua persiapan dalam konsep dilaksanakan, kegiatan akan diselenggarakan pada waktu yang telah ditentukan. Proses kegiatan layaknya sesuai dengan apa yang telah dikonsepkan dalam pertemuan-pertemuan kepanitiaan.

Pada artikel-artikel yang saya buat terdapat contoh-contoh proposal yang dibuat dalam format pdf. Ada contoh proposal pdf dan ada juga contoh proposal kegiatan pdf. Di bawah ini disediakan beberapa contohnya.

Tetapi sepengalaman saya, selalu ada beberapa hal yang tidak terduga terjadi di luar konsep yang telah dirumuskan. Oleh karena itu, semakin berpengalamannya kita dalam menyelenggarakan kegiatan, kita akan semakin faham untuk berimprovisasi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Begitulah tips dan trick menyelenggarakan kegiatan sesuai dengan beberapa pengalaman yang telah saya lalui. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips dan Trick Menyelenggarakan Kegiatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel