-->

Pengertian organisasi beserta unsur-unsur dan contohnya

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang organisasi. Yang dibahas di sini adalah pengertian organisasi, unsur-unsurnya, contohnya, dan cara membuatnya. Pembahasan organisasi dirasa penting untuk dibahas. Kita telah mengetahui banyak tentang proposal kegiatan, dan ketahui pula bahwa pembuat kegiatan yang nantinya akan membuat proposal kegiatan adalah sebuah organisasi.

Pengertian Organisasi


Artikel terkait


Pengertian Organisasi


Organisasi adalah sebuah wadah yang mengumpulkan orang-orang dengan tujuan dan program yang sama. Kumpulan orang-orang tersebut memiliki tekad untuk mencapai tujuannya dengan bekerja sama sesuai dengan porsinya masing-masing.

Secara bahasa, kata organisasi ini terbentuk dari kata dasar “organ” dan imbuhan –isasi. Organ bisa kita artikan sebagai suatu kesatuan yang saling berhubungan. Sementara setiap kata yang mendapatkan imbuhan –isasi diartikan “memiliki sifat”. Jadi, secara bahasa organisasi adalah sesuatu yang memiliki sifat kesatuan yang saling berhubungan.

Begitulah organisasi, kita ambil contoh OSIS. OSIS memiliki ketua umum, wakil ketua, sekretaris, bendahara, dan staf-stafnya. Semua jabatan tersebut saling berhubungan baik secara jalur koordinasi maupun jalur instruksi, baik secara horizontal maupun vertikal.

Perangkat Organisasi


Perangkat organisasi diisi dengan pengurus inti, ketua bidang/divisi, pengurus bidang, dan anggota. Pengurus inti biasanya diisi dengan ketua, wakil ketua, sekretaris, wakil sekretaris, bendahara dan wakil bendahara.

Bidang-bidang atau divisi-divisi di dalam organisasi biasanya diisi dengan divisi yang berkaitan dengan orientasi keorganisasian tersebut. Setiap bidang atau divisi memiliki anggotanya juga yang berjumlah sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan. Kemudian ada anggota organisasi yang merupakan setiap orang yang masuk sebagai keanggotaan disesuaikan dengan ketentuan yang ada.

Administrasi Organisasi


Apa itu administrasi? Apa itu organisasi? Mari kita cari tahu. Administrasi merupakan suatu keteraturan formalitas. Jadi, administrasi organisasi merupakan hal formal yang teratur dalam sebuah organisasi. Administrasi di dalam organisasi kurang lebih ada tiga hal:

1. Persuratan

Persuratan merupakan hal yang penting di dalam organisasi. Gunanya persuratan adalah untuk menjamin keformalan organisasi dan menjaga kearsipan organisasi. Dengan adanya persuratan, itu dapat membuktikan bahwa sebuah organisasi benar-benar bersifat formal. Dengan adanya persuratan juga membantu organisasi menyimpan data-data yang nantinya akan diarsipkan.

2. Proposal

Proposal merupakan dokumen tertulis yang menerangkan suatu rencana pelaksanaan kegiatan. Sebuah organisasi, terutama yang sering mengadakan kegiatan, tentunya tidak akan asing dengan proposal. Proposal di dalam organisasi sering disebut dengan proposal kegiatan.

3. Laporan

Laporan di dalam organisasi biasanya dibuat dalam rangka melaporkan suatu kegiatan dan melaporkan kinerja organisasi dalam evaluasi. Laporan suatu kegiatan biasa disebut dengan laporan pertanggungjawaban (LPJ) kegiatan. Sedangkan laporan kinerja organisasi biasa diseuat dengan laporan pertanggungjawaban (LPJ) saja.

Contoh-contoh organisasi


Organisasi di Sekolah

Berdasarkan keumumannya, organisasi di sekolah dikategorikan menjadi dua jenis organisasi. Pertama, organisasi intra sekolah. Kedua, organisasi ekstra sekolah. Bentukkan dari organisasi intra sekolah hanya OSIS saja. OSIS itu sendiri merupakan singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah.
Sementara itu, organisasi ekstra sekolah banyak sekali wujudnya. Hanya untuk diketahui, organisasi ekstra sekolah merupakan organisasi yang berasal dari luar sekolah yang biasanya melatih soft skill para siswa.

Organisasi di Kampus

Di kampus terdapat banyak sekali organisasi. Jika dikategorikan dari segi sumbernya, organisasi kampus terbagi kepada dua kategori: intra kampus dan ekstra kampus. Ditinjau dari segi orientasi keorganisasiannya, organisasi kampus terbagi juga kepada dua kategori: pelatihan leadership dan pelatihan skill.

Meskipun seperti di atas, untuk memahami organisasi kampus tidak bisa hanya sebatas membaca atau mendengar dari luar. Akan lebih baik jika kita masuk ke dalam dan melihat secara langsung sistem keorganisasian di suatu kampus. Karena dengan melihat langsung, kita akan lebih memahami tentang keorganisasian kampus tersebut.

Organisasi di Masyarakat

Tentunya dari kita semua banyak mengenal organisasi kemasyarakatan yang bersifat nasional. Siapa yang tidak kenal NU, Muhammadiyah, dan Persis. Siapa yang tidak kenal FPI. Siapa yang tidak kenal organisasi Pemuda Pancasila. Dari kesemua itu merupakan organisasi kemasyarakatan yang bersifat nasional.

Begitu pula organisasi kemasyarakatan yang bersifat lokal. Meskipun kami sedikit ragu bahwa kita semua banyak mengetahui tentang organisasi kemasyarakatan lokal ini. Karena sifat lokalnya itu, bisa jadi organisasi ini hanya terkenal di satu wilayah saja. Yang sedang ramai diperbincangkan sekarang adalah persatuan masyarakat Tanjung Priok.

Di setiap wilayah pasti memiliki organisasi kemasyarakatan lokal. Misalnya persatuan petani. Setiap wilayah akan memiliki organisasi kemasyarakatan persatuan petani. Tetapi sifatnya tetap lokal, karena dari setiap wilayah tidak mendeklarasikan organisasinya bersatu dengan wilayah lainnya. Yang juga sering kita dengar adalah persatuan pekerja.

Pembahasan tentang organisasi bisa sangat panjang jika harus diuraikan seluruhnya. Apa yang telah sama-sama kita baca atas merupakan ringkasannya saja sesuai dengan pengalaman penulis. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian organisasi beserta unsur-unsur dan contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel