-->

Analisis SWOT dalam Proposal Usaha

Pada artikel kali ini kita akan membahas contoh analisis SWOT dalam proposal usaha. Apa itu SWOT? SWOT merupukan singkatan dari strenght, weakness, opportunities, dan threat. Strength artinya kekuatan, weakness artinya kelemahan, oppotunities artinya peluang, dan threat artinya ancaman.

SWOT merupakan teknik memperhitungkan peluang pada suatu proyek atau bisnis. Penulis sendiri pertama kali mempelajari teknik SWOT ini pada mata kuliah kewirausahaan. Sudah barang tentu kalau SWOT ini memang digunakan untuk menganalisa peluang pada wilayah usaha.

Apa itu SWOT?


1. Strength

Strength ini artinya kekuatan. Dalam aplikasinya pada suatu proyek usaha, kita harus menganalisa apa dan bagaimana kekuatan dari produk kita. Baik itu berupa barang maupun jasa. Kita harus membandingkannya dengan produk lain yang sama jenisnya. Lalu setelah dilakukan perbandingan, carilah atau buatlah produk kita agar lebih kuat dari pesaing.

2. Weakness

Weakness merupakan kelemahan. Tahap selanjutnya dari analisi suatu proyek usaha adalah menganlisa kelemahan dari produk kita. Setelah terlihat kelemahannya, maka kita harus sebisa mungkin mengatasi kelemahan tersebut agar tidak menjadi penghalang proyek usaha.

3. Opportunities

Tahap selanjutnya adalah opportunities yang artinya peluang. Di dalam berbisnis, kita juga harus menganalisa peluang-peluang usaha kita. Dimana kekuatan lahan usaha kita dan dimana kelemahan lahan usaha kita, di situ lah kita harus memanfaatkan peluang.

4. Threat

Threat merupakan ancaman. Poin ini penting juga dianalisa oleh para pelaku usaha. Ancaman bisa datang dari mana saja. Tetapi ketika kita telah berusaha menganalisa ancaman yang mungkin saja datang, itu sudah sangat cukup untuk sebuah tindakan antisipasi.

Keempat hal di atas dapat diaplikasikan pada sebuah usaha; baik itu usaha makanan, usaha minuman, usaha kerajinan, dan usaha dagang. Karena dari kesemuanya itu termasuk sebuah proses kewirausahaan.

Seperti misalnya pada usaha minuman. Contoh sederhananya seperti di bawah ini. ilustrasinya adalah kita sebagai seorang pengusaha minuman thai tea. Berikut contoh analisa SWOT-nya.


Analisis SWOT


Contoh-contoh Proposal Usaha dengan analisis SWOT


Lebih lengkap tentang Contoh Proposal Usaha

Di bawah ini kita akan menganalisis peluang usaha menggunakan analisis swot. Usaha yang akan dibahas adalah usaha minuman thai tea. Di dalam analisi SWOT, kita akan meneliti peluang usaha dari usaha minuman thai tea ini, bagaimana kekuatannya, bagaimana kelemahannya, bagaimana peluangnya, dan bagaimana ancamannya.

Analisis SWOT Contoh Proposal Usaha Minuman Thai Tea

1. Strength

  • Harga relatif terjangkau
  • Menarik dan unik sehingga disukai berbagai kalangan

2. Weakness

  • Tidak bisa diawetkan dengan jangka waktu yang lama

3. Opportunity

  • Menerima pesanan
  • Bersedia delivery
  • Merupakan jenis varian yang inovatif

4. Threat

  • Tidak cocok untuk semua musim, misalnya ketika berjualan thai tea di musim hujan

0 Response to "Analisis SWOT dalam Proposal Usaha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel