-->

Contoh Proposal Penelitian Deskriptif beserta Uraian

Contoh Proposal Penelitian Deskriptif - Proposal merupakan suatu catatan yang dibuat sebagai panduan untuk dilaksanakannya suatu kegiatan. Proposal terbagi ke dalam beberapa jenis; ada proposal kegiatan, proposal usaha, proposal penelitian, dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang proposal penelitian. Seperti yang telah dijelaskan di atas, proposal penelitian dapat diartikan sebagai catatan yang dibuat sebagai panduan untuk dilaksanakannya suatu kegiatan penelitian.

Penelitian itu sendiri merupakan sebuah kegiatan pencarian dan penggalian suatu pengetahuan baru dengan menggunakan metode ilmiah. Peneltian biasanya dilaksanakan oleh peneliti yang memiliki keterkaitan dengan suatu instansi. Misalnya seorang peneliti dari mahasiswa yang memiliki keterkaitan dengan kampusnya, seorang peneliti yang memiliki keterkaitan dengan pemerintah, atau seorang peneliti dari sebuah perusahaan.

Secara garis besar, penelitian menurut metodenya terbagi kepada tiga: yaitu penelitian deskriptif, penelitian komparatif, dan penelitian evaluatif. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang contoh proposal penelitian deskriptif.

Penelitian deskriptif merupakan pencarian sebuah pengetahuan baru dengan menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai cara yang digunakan seorang peneliti terhadap suatu objek penelitian dengan menjelaskan dan menggambarkan objek tersebut. Objek penelitian dengan menggunakan metode deskriptif biasanya tunggal. Sehingga peneliti akan fokus menjelaskan dan menggambarkan satu objek penelitian.

Daftar isi


Proposal Penelitian Deskriptif


Contoh proposal penelitian deskriptif adalah sebagai berikut.

Judul: Penggunaan Dupa pada Tradisi Ngukus dalam Pengurusan Jenazah

Latar Belakang: Pada umumnya masyarakat di desa Sudi sudah meninggalkan praktik-praktik kebudayaan pembakaran dupa dikarenakan lebih mendekatkan kepada kesyirikan kepada Allah swt. Tetapi, pada kenyataanya sebagian kecil masyarakat di sana masih melestarikan tradisi pembakaran dupa karena menganggap hal tersebut sebagai warisan nenek moyang mereka.

Rumusan Masalah: Apa makna yang terkandung dalam penggunaan dupa pada tradisi ngukus dalam pengurusan jenazah?

Tujuan Penelitian: Mengetahui makna yang terkandung dalam penggunaan dupa pada tradisi ngukus dalam pengurusan jenazah.

Manfaat dan Kegunaan Penelitian: Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan tentang tradisi ngukus dan menjelaskan kepada pembaca tentang alasan mereka tetap melakanakan traidsi ini.

Tinjauan Pustaka: Jurnal tentang Kampung Adat Baduy

Landasan Teori: Teori Fenomelogi dari Alferd Schutz yang menjelaskan bahwa setiap perilaku manusia memiliki makna yang intersubjektif.

Langkah-langkah Penelitian: Metode Penelitian Deskriptif Fenomenologis, Jenis Penelitian Kualitatif, Pendekatan Fenomenologi menggunakan Teori Fenomenologi Alfred Schutz, Lokasi Penelitian Desa Sudi Kabupaten Bandung, Teknik Pengumpulan Data Wawancara, Teknik Analisa Data ditampilkan, direduksi, dan disimpulkan.

Poin-poin di atas adalah pembentuk sebuah proposal penelitian deskriptif. Jika dilihat pada objeknya, penelitian di atas memiliki satu objek yaitu tradisi ngukus. Secara jelas pula, peneliti menyebutkan dalam langkah-langkah penelitiannya bahwa metode yang digunakan ialah deskriptif fenomenologis.
Seperti itulah contoh proposal penelitian deskriptif.

0 Response to "Contoh Proposal Penelitian Deskriptif beserta Uraian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel