-->

(Pdf) Contoh Proposal Bisnis Waralaba: Siap Pakai

buku.seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh proposal bisnis waralaba. Apa itu waralaba? Waralaba adalah bisnis kerjasama dari pihak induk ke pihak anak dengan hak-hak dan aturan yang telah diundangkan.

Contoh Proposal Bisnis Waralaba



Berikut ini contoh proposal bisnis waralaba.


Latar belakang


Kebutuhan akan makanan sehat terkadang belum dapat dipenuhi oleh sebagian masyarakat yang mempunyai kesibukan tersendiri. Terbatasnya waktu dan tenaga merupakan faktor utama yang menyebabkan masyarakat menyepelekan asupan gizi dari makanan yang mereka konsumsi. Hal itu juga menyebabkan berkurangnya aktivitas makan besar dalam satu hari. Masyarakat pun cenderung memilih alternatif cemilan atau kudapan ringan lain untuk mengganjal kebutuhan perut.

Snack ringan, camilan dan kudapan instan yang kerap kali kita temui di pasaran, menjadi pilihan sebagian besar masyarakat sebagai alternatif pengganjal perut dikarenakan mudahnya akses untuk mendapatkan makanan-makanan tersebut. Bahkan mengonsumsi makanan ringan seperti itu sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat. Tubuh kita yang memerlukan asupan seperti vitamin, serat, karbohidrat, protein, dll, tidak akan maksimal apabila hanya mendapat asupan dari makanan ringan.

Jelly merupakan makanan yang dibuat dari karaginan, yaitu senyawa polisakarida rantai panjang yang diekstraksi dari rumput laut. Menurut berbagai sumber, jelly memiliki beberapa manfaat yaitu baik untuk kulit, memiliki kadar serat yang tinggi yang bermanfaat pada proses pencernaan, membatu mempertahankan berat badan, kaya akan vitamin serta membantu memelihara kulit karena kadar asam aminonya yang tinggi. Untuk itu, kami memberikan alternatif pilihan kudapan ringan yang kaya serat dan mudah dikonsumsi, yaitu Jelly Hitz.

Pada era modern saat ini, banyak bermunculan usaha kuliner yang menawarkan banyak pilihan menu dengan harga yang bervariasi. Akan tetapi, mayoritas dari usaha kuliner tersebut merupakan usaha kuliner instan yang kurang memperhatikan aspek kesehatan. Terbukti dari jenis makanan dan minuman yang diproduksi, kebanyakan adalah makanan yang melewati proses penggorengan berlebih, makanan dengan kadar pengawet tinggi serta banyak zat-zat kimia yang terkandung dalam makanan atau minuman yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia.

Maka dari itu, kami mencoba berinovasi dengan produk kudapan Jelly yang mampu bersaing dengan kuliner lain namun tetap memperhatikan aspek kesehatan, kebersihan dan daya beli masyarakat. Konsep usaha yang kami usung adalah usaha kuliner yang sehat, praktis dan efisien. Visi dari usaha kami adalah memberikan manfaat maksimal dengan pengorbanan minimal bagi konsumen. Manfaat maksimal tersebut diimplementasikan melalui produk kami yang sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi, namun dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau. Misi dari usaha kami yaitu pelayanan prima dan berkualitas.

Prospek pasar yang kami bidik untuk usaha ini ialah masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya. Prospek pasar tersebut dirasa sangat menjanjikan mengingat kebutuhan mahasiswa akan kudapan yang sehat dan efisien sangat tinggi. Usaha ini diharapkan mampu bertahan dan berkembang di kemudian hari karena dengan adanya usaha ini dirasa memberikan dampak yang baik bagi kesehatan masyarakat, dengan tercukupinya asupan vitamin dan serat dalam tubuh.

Strategi Harga


Metode Penetapan harga pada produk Jelly Hitz yang kami gunakan adalah Metode Penetapan Harga Mark Up. Dalam metode ini, harga jual per unit ditentukan dengan menghitung jumlah seluruh biaya ditambah jumlah tertentu untuk menutupi laba yang dikehendaki pada unit tersebut (margin). Kami menetapkan margin dengan presentase keuntungan yang diinginkan berdasarkan jumlah total biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan Jelly Hitz.

Karena Produk Jelly Hitz merupakan produk baru yang ada di pasaran, maka kami menetapkan strategi penetapan harga yang efektif dalam tahap perkenalan ini, yaitu dengan strategi harga Penetrasi, dimana kami memberikan harga rendah untuk menciptakan pangsa pasar dan permintaan.

Strategi Positioning


Metode pendekatan positioning yang akan kami gunakan pada produk Jelly Hitz adalah metode Function concept dan pendekatan Lebih banyak untuk lebih sedikit. Metode Function concept menonjolkan functional needs dari produk Jelly Hitz, dimana produk Jelly Hitz merupakan produk makanan yang sehat dan ekonomis.

Strategi positioning yang kami gunakan adalah penetapan posisi menurut kategori produk, harga dan distribusi. Kami menampilkan produk Jelly Hitz dengan kemasan praktis siap makan, higienis serta kaya akan serat buah yang baik bagi kesehatan dengan harga yang sangat terjangkau. Serta kami juga memberikan kemudahan bagi konsumen mendapatkan produk Jelly Hitz dengan efisiensi waktu dan pelayanan yang baik.

Penutup


Mendirikan suatu usaha membutuhkan persiapan dan konsep yang matang. Usaha yang didirikan diharapkan tidak hanya berdiri pada saat itu saja tetapi juga dapat berkembang menjadi lebih besar lagi. Jelly Hitz adalah produk makanan siap santap yang kami usulkan atas dasar kepedulian kami terhadap makanan sehat bagi masyarakat. Usaha ini diharapkan membawa dampak yang baik untuk berbagai pihak.

Keberhasilan suatu usaha tidak luput dari implementasi strategi-strategi yang telah kami susun. Untuk itu, kami membutuhkan kesiapan dan ketepatan dalam mengimplementasikan strategi tersebut. Saran dan masukan dari berbagai pihak sangat kami butuhkan demi tercapainya tujuan usaha kami.

Download contoh proposal bisnis waralaba

Demikian pembahasan tentang contoh proposal bisnis waralaba. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Bisnis Waralaba: Siap Pakai "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel