-->

(Download PDF)Contoh Proposal Bisnis Ikan Lele

buku.seputarproposal.com - Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh proposal bisnis ikan lele. Bisnis ikan lele merupakan bisnis yang menjanjikan. Bisnis ikan lele bisa menjadi mata pencaharian jangka panjang dengan penghasilan di atas rata-rata.

Contoh Proposal Bisnis Ikan Lele



Berikut ini contoh proposal bisnis ikan lele.


Membuat BAB I Poin Pendahuluan


Di dalam pendahuluan terdapat 5 poin pembahasan, yaitu latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan, dan manfaat program.

Berikut ini contoh latar belakang proposal bisnis ikan lele.


Mencari pekerjaan dimasa sekarang ini merupakan hal yang cukup sulit. Banyak sekali calon pekerja yang berkeinginan untuk bekerja di instansi pemerintahan atau swasta,tetapi lapangan pekerjaan saat ini sangat terbatas, hal ini menyebabkan jumlah pengangguran semakin banyak. Dilihat dari segi ekonomi individual tentu saja masalah pengangguran itu sangat merugikan karena manusia mempunyai kebutuhan yang tidak terbatas. Oleh karena itu sebagai calon tenaga kerja, kita harus mampu berpikir kreatif dan inovatif yang mampu membaca peluang serta pandai memanfaatkan peluang tersebut sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tidak terfokus hanya pada satu jenis pekerjaan saja. Wirausaha merupakan salah satu usaha untuk mengatasi meningkatnya jumlah pengangguran. Selain menguntungkan dari segi ekonomi, sebagaian besar kegiatan wirausaha juga sangat membantu usaha-usaha dalam memenuhi kebutuhan masyarakat banyak, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu usaha yang mudah dikembangkan yaitu pemeliharaan ikan lele, karena banyak orang yang membutuhkannya. Dalam rangka memanfaatkan peluang ini, kami mencoba mendirikan sebuah usaha budi daya ikan lele . Melihat wilayah Kecamatan Buay Madang Timur sebagai salah satu sentra budidaya ikan air tawar terutama untuk wilayah Kabupaten OKU Timur. Desa Banyumas Asri cukup strategis mengingat daerah ini mempunyai potensi yang besar pada bidang peternakan dan perikanan. Keadaan air di wilayah ini layak sebagai tempat untuk budidaya ikan air tawar.

Berikut ini contoh identifikasi masalah bisnis ikan lele.


Desa Banyumas Asri sebagai suatu desa pertanian masih mempunyai lahan yang cukup luas dan cocok untuk budidaya ikan lele. Desa Banyumas Asri memiliki letak strategis untuk budi daya ikan lele dan pemasaran ikan lele yang relatif mudah banyak warga Kecamatan Buay Madang Timur dan kecamatan tetangga yang menyukai hidangan ikan lele baik itu lele bakar, lele goreng, dan pecel lele. Ikan lele merupakan ikan yang relatif mudah untuk dibudidayakan. Kandungan gizi ikan lele cukup bagus untuk tumbuh kembang otak anak. Harga ikan lele cukup bersaing. Taraf kehidupan masyarakat terutama pemuda masih kurang baik. Hal ini terlihat dari sedikitnya pemuda yang masih dalam keadaan menganggur. Untuk pemberdayaan pemuda desa yang lebih baik dan kelak menjadi seoarang wirausaha yang sukses yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan, di ajukanlah sebuah metode pemberdayaan kelompok ikan Lele Sangkuriang.

Berikut ini contoh batasan masalah proposal bisnis ikan lele.


Sebenarnya ada banyak peluang untuk mendirikan usaha namun kami memilih usaha budi daya ikan lele, karena usaha ini selain memiliki peluang pasar yang besar, usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar dan tidak memerlukan tenaga kerja yang banyak. Usaha ini juga memiliki prospek yang cerah dengan resiko kegagalan yang relatif kecil. Karena hal-hal inilah, kami sebagai pemula dalam dunia usaha berharap dapat menjalankan usaha ini dengan sukses.

Berikut ini contoh tujuan proposal bisnis ikan lele.


Tujuan dari usaha budi daya ikan lele ini adalah:
1. Dapat melakukan usaha pemeliharaan ikan lele sangkuriang  dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi para pemuda desa kususnya pemuda desa Banyumas Asri.
2. Dapat menjaga kelangsungan pemeliharaan ikan lele dan mengembangkannya.
3. Dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain
 4. Dengan usaha ini pengalaman dapat kami miliki.

Berikut ini contoh manfaat program proposal bisnis ikan lele.


Program ini ditekankan untuk dapat memberdayakan para pemuda, meningkatkan kualitasnya sebagai pemuda dan untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat.

Membuat BAB II Poin Pembahasan


Pada poin ini kita menjelaskan tentang identitas kelompok; jenis usaha dan alasan pemilihan; susunan pengurus; ketersediaan SDM; dan penyiapan bibit.

Membuat BAB III Menjalankan Bisnis


Di sini kita membuat empat poin uraian. Uraian pertama membahas tentang teknis. Uraian kedua membahas tentang pakan. Uraian ketiga membahas tentang pemberian pakan. Dan uraian terakhir membahas tentang dosis pakan.

Membuat BAB IV RAB


Pada poin ini kita membahas rencana anggaran biaya untuk bisnis ikan lele. RAB untuk bisnis ikan lele akan dibuat dalam dua tahap: tahap pelaksanaan program dan tahap pasca panen.

Membuat Penutup


Berikut ini contoh penutup proposal bisnis ikan lele.


Demikian usulan permohonan dana ini kami sampaikan. Program ini diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran di pedesaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Semoga ALLAH meridhoi niat dan ikhtiar kita. Amin.

Download Contoh Proposal Bisnis Ikan Lele

Baca juga:

0 Response to "(Download PDF)Contoh Proposal Bisnis Ikan Lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel