-->

Proposal Kerjasama dan Cara Membuatnya

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat proposal kerjasama. Tetapi sebelum masuk ke pemabahasan inti, alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu apa itu proposal dan apa itu proposal kerjasama?

Proposal merupakan dokumen yang berisi catatan konsep tentang suatu kegiatan, baik itu kegiatan penelitian, acara atau event, dan usaha. Nah, lalu dimana letaknya proposal kerjasama?

Proposal kerjasama itu ada dan berperan di kala sebuah perusahaan atau sebuah usaha ingin mengajukan kerjasama dengan pihak lain, baik itu investor, donatur, atau sponsorship. Pada saat itu lah proposal kerjasama dibutuhkan.
cara membuat proposal kerjasama


Berikut ini cara membuat proposal kerjasama.


1. Profil Perusahaan

Kami menyebutnya profil perusahaan. Mengapa? Karena perusahaan lah yang berpotensi besar membutuhkan kerjasama dalam usahanya. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk usaha-usaha kecil pun dapat melakukan kerjasama dan membutuhkan proposal kerjasama.

Seperti sebutannya, poin profil perusahaan diisi dengan identitas perusahaan. Seperti nama perusahaan, pemiliki, sejarah, dan proyek atau program yang dimiliki perusahaan tersebut. Tujuan dari disimpannya profil perusahaan diawal-awal adalah untuk menarik perhatian klien kerjasama kita.

2. Program kerjasama yang ditawarkan

Pada poin ini kita sudah memasuki poin pengenalan kerjasama. Poin ini menjelaskan bahwa kita ingin melaksanakan program A misalnya. Disebutkan juga keuntungan yang bisa didapat dari program ini bagi kedua belah pihak.

3. Kontrak kerjasama

Pada poin ini dijelaskan tentang persyaratan kontrak kerjasama. Perusahaan A dan perusahaan B saling bernegosiasi tentang kontrak kerjasama yang akan dilakukan. Biasanya di sini ditambahkan jangka waktu kerjasama akan dilakukan. Misalnya kerjasama ini berlaku selama 2 tahun.

4. Penutup

Poin penutup merupakan poin simpulan dan bersifat formalitas. Meski sifatnya formalitas, dalam suatu proposal, poin penutup sangat lah penting. Karena poin penutup ini termasuk poin yang menunjukkan legalitas suatu proposal.
Kurang lebih empat poin di atas menerangkan tentang cara membuat proposal kerjasama. Perlu diketahui juga, proposal kerjasama biasa dibuat dalam bentuk desain yang menarik, jadi tidak hanya dalam dokumen kertas A4 polos.

Selain itu, dalam poin kontrak kerjasama, kita harus benar-benar lengkap dalam pengisiannya. Seperti misalnya ada kolom tanda tangan, ada kolom materai, dan ada kolom persyaratan tambahan.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Proposal Kerjasama dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel