-->

Contoh Proposal Kerjasama Vendor

buku.seputarproposal.com - Dalam menjalankan sebuah bisnis, seringkali kita perlu melakukan beberapa perubahan. Di sini kita akan membahas tentang contoh proposal kerjasama vendor. Perkembangan tersebut dapat dicapai melalui kerja sama dengan pihak lain. Misalnya, investor dapat dibujuk untuk menanamkan modalnya sendiri untuk meningkatkan kualitas usahanya dalam hal penjualan produk dan lokasi usaha.

Apa yang harus kita persiapkan jika kita hendak meminta kerja sama? Bagaimana kita mendorong investor untuk melihat bisnis kita?Anda tinggal membuat proposal bisnis di website ini.

“Saran? Maksudnya penggalangan dana, kan?” Proposal bisnis dan proposal bisnis adalah uraian tertulis umum tentang semua urusan bisnis.

Kalimat itu sendiri diambil dari bahasa Inggris “to vormachen” yang artinya “mengusulkan”. Faktanya, fungsi umum perusahaan dan penawaran komersial adalah untuk mengusulkan kesepakatan dalam kerangka kemitraan potensial baik dengan investor maupun dengan pihak lain. Perusahaan dan proposal bisnis juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengajukan pinjaman ekuitas dari lembaga keuangan perusahaan dan proposal komersial tidak hanya ditujukan untuk perusahaan komersial dan jasa besar. Proposal ini juga dapat dikembangkan oleh perusahaan komersial yang beroperasi dalam skala kecil dan masih dalam tahap perintis. Dengan bantuan proposal bisnis, Anda bisa menggambarkan potensi perusahaan Anda dan menjadikannya alat yang mengajak pihak lain untuk berkolaborasi. Hal ini, seperti yang Anda ketahui, dapat semakin mengembangkan bisnis Anda.

Mengingat fungsi usulan sangat penting dan berkaitan erat dengan dunia usaha dan perekonomian, maka pada artikel ini akan diberikan contoh usulan usaha dan usaha di bidang jasa dan perdagangan. Anda juga akan mendapatkan penjelasan mengenai tujuan dan ruang lingkup proposal bisnis, serta beberapa tips agar proposal Anda menarik, antara lain: bisa menggalang modal secara langsung dan menjalin kerja sama dengan pihak lain. Ingin bisnis Anda berkembang pesat melalui berbagai kolaborasi? Yuk, kita lihat bersama.

Contoh Proposal Kerjasama Vendor


Kerangka Bisnis dan Proposal Bisnis


Kesepakatan dan proposal bisnis memuat beberapa kerangka yang mendukung perkembangan bisnis Anda. Di bawah ini adalah isi setiap kerangka proposal kewirausahaan dan komersial serta aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan.

A. Pendahuluan

Rasa pertama dari sebuah perusahaan dan proposisi bisnis adalah pengenalan. Pendahuluan menjelaskan mengapa Anda memutuskan untuk memulai bisnis Anda sendiri. Menetapkan konteks merupakan aspek penting dalam proposal bisnis dan komersial karena hal ini menyampaikan urgensi kegiatan yang dimaksud. Investor lebih tertarik pada ide-ide kreatif dan orisinal di balik pendirian perusahaan.

Dalam bab ini Anda juga harus merinci visi, misi dan tujuan Anda. Hal ini disebabkan adanya peluang untuk berbisnis di industri yang sama dan dengan jenis produk yang sama. Agar perusahaan Anda memiliki identitas tersendiri, maka sangat penting untuk menentukan visi, misi dan tujuan yang sejalan dengan identitas perusahaan Anda.

Aspek-aspek yang termasuk dalam kerangka bisnis dan proposal bisnis meliputi: konteks, kegiatan, misi, tujuan dan jadwal kegiatan bisnis.

B. Ikhtisar

Aspek yang ditinjau secara umum meliputi: profil perusahaan, kepemilikan perusahaan dan struktur kepegawaian, lokasi perusahaan, strategi pemasaran dan analisis SWOT.

C. Manajemen Produksi/Manajemen Operasi 

Aspek pada bagian ini meliputi: bahan produksi, peralatan, sistem operasi, dan proses produksi.

D. Rencana Biaya dan Pendapatan

Aspek rencana biaya dan pendapatan meliputi: modal dan pendapatan, perhitungan harga jual, serta laba dan rugi usaha.

E. Kesimpulan

Aspek yang terakhir adalah kesimpulan.

Contoh Proposal Kerjasama Vendor Usaha dan Bisnis Toko Kelontong


Latar Belakang

Di masa pandemi seperti saat ini, masyarakat sekitar sulit untuk mengunjungi toko-toko pasar tradisional dan supermarket. Selain itu, kondisi sebagian besar pekerja rumahan (WFH) membuat pergerakan mereka di dalam rumah menjadi terbatas. Fenomena ini memunculkan ide untuk memulai toko kelontong.

Makanan dianggap wajar dan cocok untuk dijadikan bisnis. Masyarakat masih mempercayai toko kelontong untuk membeli kebutuhan.Lokasi yang dekat dengan rumah dan adanya pembatasan melakukan kegiatan sosial (PPKM) membuat ide pembukaan toko kelontong dekat rumah sukses.

Visi

1. Menjadi solusi kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari. 
 
2. Menjadi toko kelontong yang mudah dijangkau. 
 
3. Menjadi toko kelontong dengan bahan pokok berbagai merek.

Misi

1. Dapatkan kepuasan pembeli.

2. Pendapatan dari penjualan barang.

3. Memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli.

Tujuan

Tujuan dibukanya toko kelontong rumahan adalah untuk merangsang kewirausahaan dan memecahkan masalah ketersediaan belanja kebutuhan pokok di rumah.

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Toko kelontong buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 20:00. Karena tempat usahanya in-house, toko buka setiap hari sehingga pemilik usaha selalu bisa hadir untuk berjualan.

Profil Usaha

Toko kelontong ini bernama Toko Kelontong Lestari. Toko kelontong Lestari menawarkan berbagai macam kebutuhan pokok kehidupan sehari-hari. Saat Anda memulai bisnis, Anda memulai kepemilikan perseorangan. Namun pada tahap selanjutnya, Toko Grocery Lestari juga akan membuka peluang bagi investor atau retailer lain yang ingin menjalin kerja sama.

Kepemilikan dan Struktur Kepegawaian Perusahaan

Nama dan Alamat Perusahaan

Nama Perusahaan: Toko Kelontong Ahmad 

Alamat Perusahaan: Jalan Mawar No.19, Perumahan Serba Asri, Tebet, Jakarta Selatan 

Nama Perusahaan dan Alamat Pemilik 

Nama Pemilik: Ahmad Isnaeni 

Alamat Pemilik : Jalan Mawar No.19, Perumahan Asri Serbia, Tebet, Jakarta Selatan 
 
Pemesanan Terakhir : S1 Kewirausahaan 
 
Nama dan Alamat Pemilik : Karyawan 
 
Nama Karyawan : 
 
1. Fitri (Kasir) 
 
2. Rasti (pelayan)

Lokasi Usaha

Toko kelontong Lestari berlokasi di Jalan Manggis 8, Perumahan Griya Asri, Tebet, Jakarta Selatan. Toko kelontong tersebut terletak di rumah pemilik di dalam garasi yang digunakan sebagai toko.

Lokasi toko kelontong Lestari dinilai strategis karena mudah dijangkau oleh pelanggan yang sebagian besar berada dekat dengan toko. Selain itu, toko kelontong Lestari juga dekat dengan perempatan penting yang terlihat dari segala arah.Dapat diakses dengan sepeda motor atau mobil. Dikombinasikan dengan SDN Tebet 05 yang berjarak dua rumah dari pertokoan. Hal ini mendukung tujuan pemasaran toko yang juga ditujukan kepada orang tua siswa sekolah tersebut.

Perlengkapan Sembako Lestari dari Toko Kelontong Sanjaya di Jalan Markisa No. 11, Tebet, Jakarta Selatan.Lokasinya yang hanya berjarak 100 meter dari toko memudahkan penjual dalam membeli barang.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran Toko Kelontong Lestari awalnya adalah mempromosikan kepada tetangga dan warga sekitar yang tinggal di sekitar Kelurahan dekat lokasi usaha. Salah satu sasaran pemasaran toko tersebut juga adalah para orang tua siswa SD Negeri 05 Tebet yang sedang menunggu anaknya pulang sekolah.

Toko tersebut juga akan dilengkapi dengan berbagai etalase untuk memamerkan barang-barang yang dijual. Sebuah papan besar bertuliskan nama toko juga akan dipajang, dimaksudkan untuk mempertegas identitas toko. Kami berharap warga sekitar dapat mengenali toko tersebut dan membeli kebutuhan sehari-hari di sana.

Analisis SWOT

Kelebihan:

Target pasar mudah dijangkau karena menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Lokasi yang strategis karena berada di kawasan perumahan.

Kebanyakan barang dapat disimpan dalam waktu yang relatif lama. Sehingga walaupun disimpan di gudang tidak mudah rusak.

Kelemahan (Weakness):

Garasi yang berfungsi sebagai toko tidak terlalu luas sehingga tidak ada gudang khusus untuk menyimpan barang.

Kemungkinan:

Tidak ada toko kelontong di dekat lokasi usaha.

Ancaman:

Persaingan antar usaha sangat ketat karena setidaknya ada tiga toko serba ada di satu Kelurahan.

Persaingan harga antar toko kelontong sedikit, jadi Anda perlu menetapkan harga dasar dengan bijak dan memperhitungkan perbedaan keuntungan.

Baca juga:

0 Response to "Contoh Proposal Kerjasama Vendor "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel