-->

(Pdf) Contoh Proposal Usaha Dagang untuk Memulai Bisnis

Proposal Usaha Dagang – Jenis proposal yang akan dibahas selanjutnya adalah proposal usaha dagang. Proposal usaha ini dimaksudkan untuk menjelaskan usaha yang akan kita buat dalam skala mikro atau kecil.


Berikut ini adalah contoh proposal usaha dagang.


Proposal Usaha Dagang


ISNEN PROJECT
Toko Isnen Project



VISI
MEMPERMUDAH MASYARAKAT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP SEHARI-HARI


TUJUAN UTAMA
Membuat Masyarakat Merasa Lebih Dekat Untuk Membeli Kebutuhan Hidupnya Sehari-Hari Dengan Dibuatnya Toko Lengkap Dengan Harga Glosir



A. Latar Belakang


Kampung Padarame merupakan kampung tidak jauh dari perkotaan atau minamalnya jalan provinsi. Dari jalan provinsi menuju kampung Padarame dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Akses jalan di kampung Padarame juga sudah terhitung membaik.

Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah mengapa di kampung Padarame harga-harga sembako dan jajanan lainnya seolah seperti kampung wisata atau kampung terpencil. Kami dari Isnen Project meneliti hal tersebut. Jawaban dari pertanyaan di atas ternyata bukan dikarena harga bahan sembako yang memang tidak stabil dari pusatnya. Tetapi kami menemukan sebuah fakta di lapangan bahwa masyarakat di kampung tersebut tidak terlalu memiliki ilmu yang banyak dan cerdas dalam mengelola sebuah warung atau toko.

Maka dari itu, kami dari Isnen Project berinisiatif membangun sebuah toko glosir. Toko tersebut akan dikategorikan toko biasa dalam artian dapat melayani semua jenis pembeli. Tetapi harga yang ditawarkan akan diseimbangkan dengan harga toko besar atau glosir. Barang yang disediakan juga akan lengkap dari mulai sembako, peralatan ringan, dan kebutuhan masyarakat sehari-harinya. Diharapkan dengan adanya toko Isnen Project ini akan membuat masyarakat merasa terbantu dan sekaligus terdidik dalam mengelola sebuah perekonomian.

B. Survey Pasar


Di kampung Padarame memang sudah terdapat beberapa warung besar setara glosir. Tetapi dari hasil penelitian Isnen Project, warung tersebut tidak merata ada seminimalnya di setiap RW. Oleh karena itu, Isnen Project berinisiatif untuk melengkapi kekurangan tersebut dengan membuka toko Isnen Project di beberapa tempat yang memang masih kosong.

Selain itu, hasil penelitian Isnen Project juga menyebutkan bahwa sebuah warung yang telah ada tidak menyuguhkan pelayanan yang seharusnya. Dalam artian bahwa pemiliki warung tidak terlalu banyak mengerti tentang ilmu bisnis dan perdagangan. Sebagian memang dinilai mengerti ilmu tersebut, tetapi tidak sampai bisa mencapai level “cerdas” dalam pengelolaan warung tersebut. Oleh karena itu, Isnen Project menjadikan hal tersebut sebagai sebuah peluang untuk membangun sebuah toko Isnen Project.

C. Peluang Bisnis

1. Masih terdapat kekosongan tempat untuk membangun sebuah toko.
2. Adanya sedikit modal untuk diinvestasikan dalam bentuk sebuah toko.
3. Sistem pelayanan dan kelengkapan sebuah toko menjadi hal yang diutamakan dalam toko Isnen Project ini.

D. Permasalahan

1. Permintaan izin kepada beberapa warung yang telah ada.
2. Pencarian bahan belanjaan untuk mendapatkan harga jual termurah dengan ongkos produksi minimum.

E. Solusi Permasalahan

1. Menyeimbangkan harga secara rasional.
2. Membeli segala fasilitas untuk produksi.

F. Perencanaan Anggaran

Lokasi : Rp. 20.000.000
Bangunan : Rp. 30.000.000
Modal Pertama : Rp. 50.000.000
Jumlah : Rp. 100.000.000

G. Analisis SWOT (lihat tentang Analisis SWOT)

1. Strength

Mengutamakan pelayanan

2. Weakness

Modal pertama yang cukup besar membuat Isnen Project harus benar-benar teliti dalam memperhitungkan bisnis toko ini

3. Opportunity

Menjadi salah satu toko yang unggul
Menyediakan bahan-bahan lengkap
Memberikan harga yang wajar

4. Threat

Dikhawatirkan tidak mendapat dukungan yang maksimal terutama dari para kompetitor

H. Kesimpulan


Isnen Project dalam sebuah penelitiannya memunculkan simpulan atau jawaban bahwa di kampung Padarame masih memerlukan sebuah toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari yang lengkap. Kampung Padarame sangat membutuhkan sistem perdagangan dengan pelayanan terbaik. Kampung Padarame juga membutuhkan sebuah ilmu dalam perdagangan yang bisa mencerdaskan masyarakat dan tidak memperkaya diri sendiri.

Daftar Isi

Lebih lengkap tentang Contoh Proposal Usaha

Download Contoh Proposal Usaha Dagang Pdf

Contoh di atas merupakan contoh proposal usaha dagang. Kami membuat contoh tersebut sesederhana mungkin agar para pembaca mudah mengerti untuk tahap peluang bisnis pertama kalinya.

0 Response to "(Pdf) Contoh Proposal Usaha Dagang untuk Memulai Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel